Tips Bikin Korean Garlic Cheese Bread yang Viral dari Yongki Gunawan

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 05 Jul 2020 17:00 WIB
Tips Bikin Korean Garlic Cheese Bread Foto: Instagram @yongki_gunawan_kue
Jakarta -

Korean garlic cheese bread kini tengah viral. Chef Yongki Gunawan pun membagikan resep serta tips membuatnya. Yuk, intip!

Korean garlic cheese bread merupakan jenis roti isi yang dipadukan dengan cream cheese manis gurih dan saus bawang putih yang wangi. Roti isi ini sedang viral di Indonesia dan banyak yang menjualnya via online.

Banyak penjual di Indonesia yang menghadirkan Korean garlic cheese bread dengan tekstur roti yang empuk dengan rasa roti yang manis. Tak seperti tekstur garlic bread pada umumnya yang garing dan renyah.

Yongki Gunawan selaku chef pastry senior dari Indonesia pun membagikan resep Korean garlic cheese bread lewat siaran langsung Instagram miliknya @yongki_gunawan_kue. Namun resepnya yang ia bagikan ini tak seperti yang kebanyakan dijual via online.

Menurutnya kebanyakan penjual Korean garlic cheese bread punya tekstur roti yang empuk dan manis. Sedangkan Korean garlic cheese bread yang enak itu seharusnya punya tekstur garing dan renyah, serta rasanya gurih. Karena paduan keju dan bawang putih lebih enak ditambahkan dengan roti yang gurih.

Berikut 4 tips dari chef Yongki Gunawan agar Korean garlic cheese bread berhasil dan enak:

Baca Juga: Chef Yongki Gunawan Ungkap Tips Bikin Nastar Lembut untuk Jualan

1. Jenis roti yang digunakan

Tips Bikin Korean Garlic Cheese BreadTips Bikin Korean Garlic Cheese Bread Foto: Instagram @yongki_gunawan_kue

Biasanya Korean garlic cheese bread menggunakan tipe roti bun. Selain itu bisa juga menggunakan baguette, pizza dough, atau roti tawar sekalipun.

Kalau ingin lebih praktis, chef Yongki juga menyarankan bisa membeli roti yang sudah jadi di toko. Jadi tinggal berikan isian cream cheese dan saus bawang putih.

2. Tekstur roti harus garing dan renyah

Tips Bikin Korean Garlic Cheese BreadTips Bikin Korean Garlic Cheese Bread Foto: Instagram @yongki_gunawan_kue

Kunci utama agar Korean garlic cheese bread enak adalah dari rotinya. Harus bertekstur garing dan renyah. Lalu bagaimana agar roti bisa tetap renyah ketika dipanggang?

Kalau kamu membuat roti bun-nya sendiri, setelah selesai dipanggang langsung bekukan dalam freezer. Kalau sudah beku barulah dibelah menjadi 6 bagian tanpa terputus dan berikan isian cream cheese serta saus bawang putih di dalamnya.

Setelah itu, panggang kembali roti dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius selama 10-15 menit. Tak usah terlalu lama karena hanya ingin membuat saus bawang putih tersebut kering.

3. Isian cream cheese

Tips Bikin Korean Garlic Cheese BreadTips Bikin Korean Garlic Cheese Bread Foto: Instagram @yongki_gunawan_kue

Setelah roti, yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah isian untuk roti. Chef Yongki Gunawan tak hanya menggunakan cream cheese, ada juga fresh cream, keju cheddar, gula pasir, dan keju parmesan.

Untuk mengaduknya pun tak perlu menggunakan mixer cukup pakai spatula agar cream cheese tersebut tidak terlalu lembut. Sebaiknya juga tambahkan cincangan peterseli, tapi kalau tidak ada bisa menggunakan kucai, daun bawang, ataupun seledri.

4. Saus bawang putih

Tips Bikin Korean Garlic Cheese BreadTips Bikin Korean Garlic Cheese Bread Foto: Instagram @yongki_gunawan_kue

Untuk membuat saus bawang putihnya, siapkan mentega yang telah dilelehkan namun saat membuatnya jangan sampai mendidih. Setelah itu masukkan bawang putih cincang, daun peterseli cincang, susu kental manis, telur ayam, dan juga keju parmesan.

Chef Yongki Gunawan juga menambahkan sedikit susu cair agar warnanya bagus. Tak perlu tambahkan garam karena rasanya sudah gurih. Kalau mau lebih gurih lebih baik tambahkan penyedap rasa kaldu ayam.

Baca Juga: Yongki Gunawan: 28 Tahun Berkiprah di Dunia Pastry Indonesia



Simak Video "Tips Bikin Korean Garlic Cheese Bread yang Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)