5 Makanan dan Minuman Korea Viral, Ada Dalgona hingga Corn Dog!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 06 Jul 2020 18:30 WIB
5 Makanan dan Minuman Korea yang Viral Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya makanan tradisional, makanan dan minuman Korea kekinian yang viral pun sangat banyak, bahkan jadi tren. Ada dalgona hingga corn dog!

Dulu makanan dan minuman khas Korea hanya digemari para penikmat musik K-POP. Namun semakin ke sini, para penikmat makanan dan minuman Korea pun sangat banyak. Tak hanya makanan tradisionalnya saja, namun juga yang lebih kekinian.

Seperti es kopi dalgona yang sempat menjadi tren di saat lockdown karena pandemi COVID-19. Ada juga sandwich ala Korea yang kerap jadi tren dengan isian berupa daging asap, telur, dan keju. Lalu ada corn dog, berupa sosis yang dilapisi dengan potongan kentang dan digoreng.

Baru-baru ini muncul lagi tren baru dari makanan Korea. Yaitu Korean garlic cheese bread, paduan dari roti bawang putih yang gurih dengan racikan cream cheese yang manis gurih. Roti ini tengah viral di Indonesia, terbukti banyak penjual roti yang menawarkannya via online.

Berikut 5 makanan dan minuman Korea yang viral dan jadi tren.

1. Dalgona

5 Makanan dan Minuman Korea yang Viral5 Makanan dan Minuman Korea yang Viral Foto: iStock

Es kopi dalgona sempat viral beberapa waktu lalu saat lockdown di beberapa negara karena pandemi COVID-19. Nama dalgona diambil dari permen tradisional khas Korea karena tekstur dan warna kopinya yang mirip. Es kopi dalgona ini sebenarnya sama saja dengan es kopi susu pada umumnnya, hanya saja teksturnya berbeda.

Untuk membuatnya, Anda memerlukan bahan-bahan seperti kopi hitam tanpa ampas, gula pasir, air panas, dan susu full cream. Pertama-tama, buat dulu racikan kopi dalgona dengan harus mengocoknya menggunakan mixer atau whisk. Kocok sampaj menghasilkan tekstur kopi yang foamy dan creamy.

Setelah jadi, kopi dalgona tersebut dicampurkan ke gelas berisikan susu full cream dan es batu. Saat viral, hampir setiap orang seperti berlomba-lomba untuk membuatnya. Bahkan kini sudah ada penjual es pinggir jalan yang menawarkan es kopi dalgona tersebut, ada di daerah Pamulang hingga Yogyakarta.

Baca Juga: Penjual Dalgona Coffee Gerobakan Ini Jual Menunya Cuma Rp 5 Ribu!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cute Banget, Yakin Tega Makan Korean Flower Buttercream Ini?"
[Gambas:Video 20detik]