Momen Seru Gordon Ramsay ke Sumbar, Jelajah Pasar hingga Ikut Pacu Jawi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 04 Jul 2020 13:00 WIB
Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic

2. Ikut pacu jawi

Momen seru Gordon Ramsay di Sumatera BaratMomen seru Gordon Ramsay di Sumatera Barat Foto: Instagram gordongram dan natgeochannel

Uncharted episode Sumatera Barat mengajak Ramsay merasakan langsung budaya yang masih bertahan di sana, pacu jawi. Berupa balapan sapi khas Tanah Datar dimana sepasang sapi berlari di lintas sawah berlumpur dengan panjang 60-250 meter.

Sapi itu dikendalikan seorang joki yang berdiri di belakang. Joki itu harus bisa bertahan meski sapi berlari kencang. Ramsay begitu terpana dengan pacu jawi. Beberapa kali ia menunjukkan ekspresi tak percaya. Tak heran saat diajak ia merasa ragu, bisa atau tidak.

Namun demi mendapat potongan daging sapi berkualitas untuk rendangnya, Ramsay akhirnya mau coba pacu jawi. Ia jatuh beberapa kali ke lumpur karena tak bisa menahan kencangnya sapi berlari. Wajahnya pun ikut berlumur lumpur.

3. Bikin omelet rendang

Momen seru Gordon Ramsay di Sumatera BaratMomen seru Gordon Ramsay di Sumatera Barat Foto: Instagram gordongram dan natgeochannel

Ramsay selalu sempatkan masak omelet di wilayah-wilayah yang ia sambangi. Di Indonesia, ia bikin omelet rendang. Menu ini pada dasarnya omelet biasa yang dipadukan bumbu sisa rendang. Namun Ramsay juga memberi beberapa bahan tambahan.

Chef yang terkenal galak ini memakai bumbu bawang merah, bawang putih, jahe, cabai merah, jeruk purut, hingga lengkuas. Telurnya memakai telur bebek yang lebih gurih rasanya. Lalu dilengkapi ikan bilih.

Terlihat omelet rendang Ramsay begitu tebal dengan balutan bumbu rendang menggugah selera. Paling enak dimakan bersama nasi hangat. Resep omelet rendang Gordon Ramsay bisa dilihat di bawah ini.

Baca Juga: Resep Omelet Rendang ala Gordon Ramsay yang Sedap

Selanjutnya
Halaman
1 2 3