Temukan 7 Ulat di Brokoli, Pria Ini Malah Memeliharanya Jadi Kupu-kupu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 03 Jul 2020 14:30 WIB
Pria pelihara ulat brokoli sampai jadi kupu-kupu Foto: Sam Darlaston
Jakarta -

Ada-ada saja tingkah Sam Darlaston, penyiar radio dan TV di Inggris. Ia memelihara 7 ulat yang ditemukannya di brokoli sampai jadi kupu-kupu cantik!

Cerita Darlaston bermula dari sekantong brokoli. Ia berencana masak brokoli untuk makan malam, namun teralihkan dengan temuan 2 ulat hijau kecil di antara kuntum brokoli. Beberapa jam kemudian, Darlaston menemukan 5 ekor ulat lainnya di kantong brokoli lain.

Akhirnya ada 7 ulat yang ia kumpulkan. Darlaston memang sengaja tidak membuang ulat ini tetapi menjadikannya hewan peliharaan. Ulat-ulat itu ditaru di wadah kedap udara sebagai 'rumahnya'. Kemudian secara rutin Darlaston mengunggah bagaimana perkembangan ulat peliharaannya via Twitter.

Pria pelihara ulat brokoli sampai jadi kupu-kupuPria pelihara ulat brokoli sampai jadi kupu-kupu Foto: Sam Darlaston

Pria yang tinggal di London ini awalnya mencari tahu bagaimana cara memelihara ulat. "Saya baru tahu kalau dimana kamu menemukan ulat itu, makan itulah satu-satunya makanan yang akan dimakan ulat tersebut," katanya.

Ia lalu memberi nama 7 ulatnya seperti layaknya hewan peliharaan. Ada Broc, Olly, Croc, Janine, Carlos, Slim Eric, dan Cedric. "Tiba-tiba saja kami punya ulat dan jadi terobsesi dengan mereka," ujar Darlaston yang memelihara ulat bersama temannya.

Momen menarik adalah ketika ulat-ulat memasuki masa metamorfosis beberapa hari kemudian. Darlaston menemukan Cedric menjadi ulat pertama yang alami perubahan. "Luar biasa dan cukup mengejutkan awalnya. Ketika satu ulat jadi kepompong saya berpikir, apakah ulat ini mati?", ujar pria 27 tahun ini.

Pria pelihara ulat brokoli sampai jadi kupu-kupuPria pelihara ulat brokoli sampai jadi kupu-kupu Foto: Sam Darlaston

Baca Juga: Duh, Pria Ini Temukan Laba-laba 'Black Widow' dalam Brokoli Kemasan

Sekitar 11 hari, akhirnya 6 dari 7 ulat peliharaan Darlaston memasuki tahap jadi pupa. Menurut Darlaston perubahan ulat-ulatnya keren karena masing-masing melalui tahap berbeda.

Setelah 10 hari jadi pupa, Cedric akhirnya berubah jadi kupu-kupu. Darlaston merasa sangat senang sampai-sampai membiarkan Cedric terbang mengelilingi rumahnya selama beberapa jam.

Setelah itu Darlaston mengajak Cedric keluar. Itulah kali pertama anak ulatnya terbang sebagai kupu-kupu dan meninggalkan rumah Darlaston. "Perasaan utama saya adalah kegembiraan. Saya merasa wow, saya sudah melakukan sesuatu, akhirnya ulat itu menyelesaikan waktunya di sini, sekarang saatnya membiarkan dia pergi dan saya punya 6 (calon kupu-kupu) lagi," ujarnya.

Pria pelihara ulat brokoli sampai jadi kupu-kupuPria pelihara ulat brokoli sampai jadi kupu-kupu Foto: Sam Darlaston

Setelah Cedric, ulat yang selanjutnya jadi kupu-kupu adalah Janine, Broc, Croc, Olly, dan Carlos. Yang terakhir pergi adalah Slim Eric. Uniknya followers Darlaston di Twitter selalu menantikan kabar dari ulat-ulat peliharaannya.

Mereka khawatir Slim Eric gagal jadi kupu-kupu sehingga selalu bertanya. Tapi akhirnya Slim Eric tumbuh sempurna menjadi kupu-kupu dan momen melepasnya adalah hal sedih sekaligus menggembirakan bagi Darlaston. Siapa sangka ia berhasil memelihara ulat brokoli sampai jadi kupu-kupu!

Baca Juga: 2 Resep Omelet Brokoli yang Renyah Gurih Untuk Sarapan



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)