2 Resep Omelet Brokoli yang Renyah Gurih Untuk Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 28 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau ingin tambah asupan sayuran, coba campurkan omelet dengan sayuran. Seperti omelet brokoli yang renyah dan gurih ini mudah dibuat untuk 2 vatiasi sekaligus

Brokoli merupakan sayuran kuntum yang kaya mineral sehingga digolongkan sebagai superfood. Selain ditumis dan dicampurkan dalam sup, brokoli juga enak dicampurkan dalam omelet atau dadar telur.

Omelet brokoli yang renyah gurih bisa menjadi sajian sarapan yang mengenyangkan. Selain brokoli memberi asupan vitamin, mineral dan serat. Telur juga memberi asupan protein, lemak dan karbohidrat. Sajian ini cukup mengenyangkan meskipun disantap tanpa roti atau nasi.

Untuk brokoli sebaiknya pilih yang muda, kuntumnya rapat dan berwarna hijau tua. Cuci di bawah air mengalir, dengan cara mengucuri pangkal bongkol brokoli dengan air mengalir sehingga kotoran, ulat dan tanah larut dalam air. Lalu tiriskan hingga airnya kering dan brokoli jadi segar.


2 Resep Omelet Brokoli yang Renyah Gurih Untuk SarapanFoto: Instagram @vegana.chicana415


Untuk membuat omelet brokoli yang renyah gurih, ada dua pilihan. Memakai telur utuh atau hanya putihnya.

2 Resep Omelet Brokoli yang Renyah Gurih Untuk SarapanFoto: Instagram @hazhanskitchen


1. Omelet brokoli

Siapkan 1 bongkol kecil brokoli yang sudah dicuci. Parut kuntum brokoli dengan parutan keju yang berlubang sedang hingga menjadi serpihan kecil.

Selanjutnya, kocok 2 butir telur ayam dalam mangkuk, bersama 1/2 sdt merica bubuk dan 1/2 sdt garam. Tambahkan 2 sdm susu cair, kocok rata. Masukkan 2 siung bawang merah yang dicincang halus dan brokoli serut, aduk rata.

Panaskan wajan datar 20 cm. Tuangi 3 sdm minyak sayur, panaskan di atas api sedang. Tuangkan adonan brokoli, tutup wajan dan masak hingga pinggirnya mengering.

Taburi irisan cabai dan keju parut, jika suka dan masak hingga seluruhnya matang. Angkat dan sajikan selagi hangat.

2 Resep Omelet Brokoli yang Renyah Gurih Untuk SarapanFoto: Instagram @milgly_anxious_mum


2. Omelet brokoli putih telur

Siapkan 1 bongkol kecil brokoli yang sudah dicuci. Lalu serut halus dengan serutan keju. Kemudian siapkan 2 putih telur, kocok hingga berbuih halus mengembang. Tambahkan brokoli serut, 1/2 sdt merica bubuk dan garam. Kocok rata.

Panaskan wajan datar 20 cm. Tuangi 3 sdm minyak sayur, panaskan di atas api sedang. Tuangkan adonan brokoli, tutup wajan dan masak hingga pinggirnya mengering. Balikkan omelet hingga kedua sisinya agak kecokelatan. Angkat dan sajikan hangat.



Simak Video "Resep Omelet Keju Panggang"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)