Dawet Sambel, Sensasi Makan Dawet Pakai Sambal Kacang

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 03 Jul 2020 14:00 WIB
Dawet Sambel yang Unik dari Kulon Progo Foto: Instagram @jogjataste
Jakarta -

Bukan pakai es, tapi dawet asli Kulon Progo, Yogyakarta ini disajikan dengan kecambah pendek dan sambal kacang. Wah, gimana ya rasanya?

Sesuai namanya, dawet sambel ditambahkan sambal sehingga memiliki sensas pedas. Berbeda sekali dengan hidangan dawet pada umumnya yang rasanya manis dan menyegarkan.

Biasanya dawet disajikan sebagai es yang menyegarkan. Variannya ada banyak seperti dawet hijau, dawet ireng, hingga dawet putih. Untuk menikmatinya ditambahkan santan kelapa cair dan siraman gula merah cair.

Dawet Sambel yang Unik dari Kulon ProgoDawet Sambel yang Unik dari Kulon Progo Foto: Instagram @jogjataste


Tapi tidak dengan dawet asli Kulon Progo, Yogyakarta satu ini. Dawet sambel merupakan varian dawet gurih dengan tampilan mirip soto ayam karena ada kecambahnya.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, 4 Perbedaan Es Cendol dan Es Dawet

Lewat Instagram @jogjataste, diketahui dawet sambel khas Kulon Progo ini berisi adonan dawet berwarna putih yang dibuat dari tepung beras. Dawet lalu dimasukkan dalam mangkuk kecil. Di atasnya diberikan tambahan kecambah pendek, taburan bawang merah, sedikit sambal kacang, dan cairan gula merah bercampur santan.

Dawet Sambel yang Unik dari Kulon ProgoDawet Sambel yang Unik dari Kulon Progo Foto: Instagram @jogjataste


Penjualnya juga menyajikan setiap pelengkap makanannya seperti es dawet. Seperti pakai stoples plastik untuk menaruh dawet putihnya dan stoples beling untuk santan serta gula merah.

Dawet Sambel yang Unik dari Kulon ProgoDawet Sambel yang Unik dari Kulon Progo Foto: Instagram @jogjataste



Kabarnya rasa dawet sambel ini enak dan tak aneh seperti yang dibayangkan. Perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas sangat pas. Karena ada campuran sambal kacangnya, kuahnya sedikit keruh dengan dominasi rasa kacang pedas.

Walau tak banyak penjual dawet sambel, kuliner ini bisa dibeli di area Taman Sungai Mudal Kulon Progo. Penjual dawet sambel ini biasanya buka pagi hari sehingga dawet sambel banyak dijadikan menu sarapan.

Baca Juga: Selalu Diantre Pembeli, Penjual Cendol Ini Raih Omzet Jutaan Rupiah



Simak Video "Dingin Segar! 5 Minuman Ini Bisa Jadi Inspirasi untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)