Keren! Pria Ini Masak Pakai Resep 4.000 Ribu Tahun yang Lalu

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 03 Jul 2020 11:00 WIB
Masak Pakai Resep Ribuan Tahun Lalu Foto: Twitter @Bill_Shuterland
Jakarta -

Pria ini masak pakai resep 4,000 tahun yang lalu dan memamerkan hasil masakannya di Twitter lalu viral. Banyak netizen memberikan pujiannya.

Gabut di rumah selama lockdown, pria yang satu ini salurkan bakatnya dengan memasak hidangan kuno menggunakan resep yang ditulis tahun 1750 SM.

Dilansir dari Storypick (02/07), pengguna Twitter @Bill_Shutherland memamerkan hasil karya masaknya yang keren. Bill mengaku menggunakan salah satu resep tertua di dunia yang berasal dari ribuan tahun lalu.

Baca Juga: Terungkap! 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Dibuat hingga Kini

Masak Pakai Resep Ribuan Tahun LaluMasak Pakai Resep Ribuan Tahun Lalu Foto: Twitter @Bill_Shuterland

Uniknya Jon menggunakan resep dari tablet atau batu kuno dari wilayah Mesopatamian, yang termasuk ke dalam wilayah Babylon dan Assyria. Kini wilayah itu lebih dikenal dengan nama Irak, Syria dan Turki.

Dari tiga tablet yang ditemukan oleh para arkeolog, Bill memutuskan untuk mencoba beberapa resep makanan yang ada di sana. Totalnya ada 25 resep sup daging hingga kaldu yang menarik untuk dicoba.

Lewat 6 cuitan yang ditulisnya, ia bagikan foto-foto makanan yang dibuat dengan resep kuno yang digunakannya. Kebanyakan resep kuno ini menggunakan lemak domba.

Masak Pakai Resep Ribuan Tahun LaluMasak Pakai Resep Ribuan Tahun Lalu Foto: Twitter @Bill_Shuterland

"Saya menyalahkan lockdown karena membuat saya memasak hidangan khas Babylonian dari batu yang berasal dari tahun 1750 SM. Mungkin ini resep tertua di dunia yang pernah ada, tapi setelah dimasak resep ini boleh juga," tulis Bill yang berasal dari Inggris.

Di hidangan pertama Bill membuat hidangan rebusan daging kambing yang sederhana tapi enak. Bentuknya mirip seperti bola-bola daging. Ia menambahkan kue gandum sebagai toppingnya, serta tambahan bawang putih yang dihaluskan.

Tidak serta merta meniru seluruh resep, Bill mengganti beberapa bahan makanan yang sulit untuk ditemukan atau sudah tidak umum digunakan lagi. Contohnya saat membuat kaldu Elamite, makanan yang satu ini dulunya dibuat dari darah domba namun Bill menggantinya dengan saus tomat.

Masak Pakai Resep Ribuan Tahun LaluMasak Pakai Resep Ribuan Tahun Lalu Foto: Twitter @Bill_Shuterland

"Oke saya mengganti darah kambing menjadi saus tomat untuk membuat kaldu Elamite. Bentuknya mirip tapi tetap enak dengan tingkat kekentalan yang pas," jelasnya.

Tentunya hasil masakan Bill ini mendapatkan banyak pujian dari netizen. Banyak netizen yang kagum karena Bill dapat menciptakan hidangan yang dulu populer ribuan tahun lalu.

"Apakah mereka punya resep untuk vegan atau vegetarian? Tapi hasil masakannya benar-benar keren. Saya selalu tertarik untuk mengetahui kehidupan di masa lampau terutama di Mesopotamia, semenjak saya mempelajari evolusi budaya," komen netizen @Jogwiththedog.

Masak Pakai Resep Ribuan Tahun LaluMasak Pakai Resep Ribuan Tahun Lalu Foto: Twitter @Bill_Shuterland

"Semua makanannya terlihat enak dan sehat. Menu ini akan bagus jika dijual di restoran yang menyajikan makanan kuno," puji netizen @JuneMccharty10

"Terima kasih sudah berbagi. Ini merupakan makanan yang informatif gabungan antara resep kuno, sains, misteri dan kesenangan. Saya tertarik untuk membuat makanan ini," pungkas netizen @MartianOrthodox.

Kini tweet makanan kuno Bill sudah diretweet sebanyak 18,4 ribu kali, disukai 58,4 ribu pengguna dan dipenuhi 295 komentar.

Baca Juga: Ada Sejak Zaman Mataram Kuno, Madumongso Kini Masih Disajikan Saat Lebaran



Simak Video "Kopi Dalgona yang Viral Saat Corona, Ini Cara Membuatnya"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)