Terungkap! 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Dibuat hingga Kini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 24 Feb 2019 15:03 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Siapa sangka 5 menu populer ini tergolong makanan tertua di dunia. 'Usianya' sudah ribuan tahun kemudian mengalami perkembangan seiring waktu.

Situs Realm of History (22/2) merangkum resep-resep makanan paling tua di dunia. Ada stew, pancake, hingga pilaf yang sejarahnya menarik untuk diketahui.

Baca Juga: Terungkap! Ini Makanan Para Raja dan Warga Mesir di Era Mesir Kuno

1. Stew

Terungkap 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga KiniFoto: Istimewa

Tampilannya seperti hidangan berkuah biasa, tapi stew beda karena dimasak dalam waktu lama. Proses pemasakan ini membuat isian stew seperti daging sapi atau daging ayam jadi super empuk. Selain itu, sari-sari makanan juga akan keluar sehingga menambah kelezatan rasa hidangan.

Stew kabarnya sudah ada sejak 7.000 hingga 8.000 tahun lalu. Temuan arkeolog menunjukkan banyak suku Amazon menggunakan cangkang moluska besar sebagai peralatan unuk membuat stew. Ada juga temuan abad ke-16 dimana suku Aztec menyiapkan stew berbahan daging manusia dan cabe.

2. Pancake

Terungkap 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga KiniFoto: shutterstock

Pancake jadi menu sarapan favorit di berbagai negara. Ada yang versi tebal dan tipis seperti crepe lalu ditambahkan aneka topping. Menilik sejarahnya, pancake kabarnya sudah ada sejak tahun 3300 sebelum Masehi.

Adalah Otzi the Iceman, manusia yang dikabarkan hidup di periode waktu itu. Ketika tubuhnya diotopsi, ditemukan jejak makanan seperti daging rusa dan pancake gandum kuno dalam perutnya.

3. Kari

Terungkap 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga KiniFoto: iStock

Dari India ada kari yang terkenal enak dengan paduan banyak bumbu dan rempah. Hidangan ini pertama kali dibuat pada abad 18 sebagai sajian untuk pemerintah Inggris yang saat itu ada di India. Selanjutnya resep itu kabarnya dibawa ke Inggris sekitar 200 tahun lalu.

Secara etimologi, curry dalam bahasa Inggris berasal dari kata 'kari' dalam bahasa Tamil yang berarti saus atay gravy. Sejarahnya juga terdengar lebih dari 4.000 tahun lalu saat orang-orang peradaban Lembah Indus kerap menggunakan lesung dan alu batu untuk menggiling bumbu halus seperti adas, jinten, dan lainnya.

4. Cheesecake

Terungkap 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga KiniFoto: Istimewa

Siapa sangka cheesecake bukanlah jenis cake modern. Dessert ini awalnya merupakan gagasan orang-orang Yunani kuno sekitar 5.000 tahun lalu. Mereka membuat campuran sederhana dari madu, tepung, dan soft cheese untuk membuat cheesecake ringan yang disajikan di pesta pernikahan dan perayaan lainnya.

Sementara di Amerika, cheesecake ditemukan William Lawrence tahun 1872. Cheesecake versi Paman Sam ini membutuhkan krim keju dalam pembuatannya sehingga teksturnya lebih tebal dan berat.

5. Pilaf

Terungkap 5 Resep Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga KiniFoto: Istimewa

Pilaf adalah resep makanan kuno yang diracik dari nasi, sayur, dan daging. Bahan-bahan ini lalu dimasak bersama kaldu dan dibumbui dengan aneka rempah dan herba. Pilaf banyak dikonsumsi di Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika Selatan.

Pilaf kabarnya sudah eksis sejak tahun 500 hingga 1.000 sebelum Masehi. Namanya berasal dari kata dalam bahas Persia yaitu 'polow' dan kata 'pulaka' di bahasa Sansekerta yang berarti bola nasi.

Baca Juga: 15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa

(adr/odi)