15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa (1)

Devi Setya - detikFood Selasa, 16 Jan 2018 17:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jika ibu Anda memiliki keahlian mengolah masakaan lezat, itu pasti warisan ilmu dari nenek. Jadi catat dan ingat selalu tips memasak yang dikatakan nenek.

Masakan akan terasa lezat jika semua prosesnya dilakukan dengan baik. Anda pemula dan ingin rasa masakan lezat bak restoran berkelas? Catat tips ala nenek yang sudah teruji berikut ini.

1. Persiapkan bahan

Kunci dari pengalaman bersantap yang santai adalah persiapan bahan yang dilakukan sejak awal. Siapkan bahan dan bumbu sedini mungkin agar Anda bisa mengolah masakan dengan santai. Dan menyantapnya juga dengan santai.

2. Gunakan telur dalam suhu ruang

15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa (1)Foto: iStock
Ini mungkin jadi hal paling diabaikan, terutama ketika membuat adonan kue. Menyimpan telur dalam lemari es adalah hal wajar namun saat akan mencampurnya dengan bahan lain, pastikan telur sudah dalam suhu ruang.

Telur pada suhu ruang memiliki konsistensi yang bagus sehingga mudah menyatu dengan adonan. Masakan akan mudah diaduk serta lebih terasa ringan.

Baca juga : Belum Pintar Memasak? Ikuti Tips Mudah Ini Agar Masakan Jadi Enak (2)

3. Selalu tambahkan garam

Jika ada masakan yang rasanya kurang enak, biasanya harus ditambahkan sedikit garam lagi. Jangan terlalu banyak menambahkan garam karena jika terlalu asin maka akan sulit untuk mengembalikan rasa aslinya.

4. Gunakan jus daging untuk membuat kaldu

15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa (1)Foto: iStock
Anda tidak akan pernah melihat nenek Anda menghancurkan bongkahan kaldu beku di hari yang sama saat ia akan memasaknya. Sebagai solusi menambah rasa lezat, nenek Anda akan menambahkan air alami yang keluar dari daging.

Cairan dari daging ini menambah rasa masakan yang lebih lezat. Cara ini menghemat biaya dan juga bisa menambah rasa masakan.

5. Simpan kaldu sayuran

Jika Anda merebus sayuran, sisihkan airnya dan simpan sebagai kaldu. Air rebusan sayuran ini juga bisa diandalkan sebagai penambah rasa enak pada masakan.

6. Kentalkan saus dengan tepung maizena

Akan mengecewakan jika makan pasta dengan saus yang encer, atau saus pada masakan lain. Untuk membuat saus yang kental, gunakan larutan air dan tepung maizena.

Tuang larutan ini pada saus yang sedang dimasak, aduk hingga mengental. Cara ini berlaku untuk segala jenis saus.

7. Tambahkan kulit keju pada masakan

15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa (1)Foto: Istimewa
Cara ini terdengar aneh tapi percayalah masakan akan lebih kaya rasa dan aroma saat ditambahkan kulit keju atau lapisan terluar dari bongkahan keju. Anda bisa menambahkan pada sup, kaldu dan saus keju.

Jika biasanya bahan ini terbuang sia-sia, maka pikirkan ulang. Masakan akan lebih creamy dengan sentuhan rasa dan aroma keju yang gurih.

Baca juga : 10 Tips Ini Bisa Dilakukan Agar Memasak dengan Anak Lebih Menyenangkan (2) (dwa/odi)
Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa

Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa