Susah Banget! Rumus Resep Bolu Ini Mirip Rumus Matematika

Devi Setya - detikFood Rabu, 01 Jul 2020 14:30 WIB
Resep bolu dengan rumus matematika Foto: Twitter @nixapasih
Jakarta -

Umumnya resep bolu terdiri dari berat bahan dalam satuan gram. Beda dengan resep yang satu ini, rumus resep bolu ini mirip rumus matematika.

Membuat bolu atau kue memang harus mengikuti takaran bahan sesuai resep, artinya tidak bisa pakai perasaan. Biasanya takaran bahan seperti tepung atau gula dicantumkan dalam satuan berat gram, misalnya 100 gram.

Tapi ternyata resep bolu tidak melulu dicantumkan dalam satuan gram, seorang netizen membagikan resep bolu yang lebih mirip rumus matematika. Pengguna akun twitter @nixapasih membagikan foto resep bolu yang sulit dimengerti.

rumus resep bolurumus resep bolu Foto: twitter @nixapasih


Baca juga : Kreasi Gastronomi Molekuler: Makanan dan Kue Unik Bikin Terkejut


"Nyokap dulu pas sd les bikin kue trs ini buku les nya, and look what i found," tulis pemilik akun ini pada postingan tanggal 28 Juni 2020.

Secarik kertas berwarna kecoklatan ini bertuliskan judul "Rumus-rumus bahan bolu" dan bagian bawahnya tertera rumus untuk menentukan berat bahan yang digunakan untuk membuat bolu. Buku resep ini tampaknya berusia tua, bisa dilihat dari bahasa yang digunakan.

"Rumus ini masih asing bagi pembaca atau akhli-akhli kueh sebab rumus ini diciptakan oleh kami sendiri. Maksud rumus ini ialah : untuk mengetahui banyaknya baahan-bahan yang diperlukan."

Ada rumus baku yang dicantumkan, tampilannya mirip rumus matematika. Rumus ini disertai penjelasan dari setiap kode rumus. Membaca resep bolu ini saja sudah bikin pusing, apalagi harus menghitung berat masing-masing bahan.

Cuitan ini kemudian menarik perhatian netizen, hingga kini postingan sudah dibagikan ulang lebih dari 4.700 kali dan mendapat tanda like hingga 8 ribu kali oleh netizen. Ratusan komentar netizen juga meramaikan postingan rumus kue bolu ini.

"Niatnya bikin kue, jadinya malah lulus USBN," sahut netizen.

Pemilik akun @nixapasih yang menyadari postingannya viral, kemudian bertanya pada sang ibu perihal pengalamannya les masak dengan resep bolu yang rumit. "Barusan aku tanya, jadi ini dulu lesnya waktu di Bali di komplek tni gt, kyknya sih rumahan bukan les khusus. Yg ngajar namanya bu banun kl ga salah. Bukunya ga aku foto lupa haha soalnya iseng aja nemu yg lucu," bebernya.

rumus resep bolurumus resep bolu Foto: twitter @nixapasih


Melihat resep bolu ini ternyata netizen banyak yang langsung menyerah. "Oh mengapa bikin bolu saja terdengar spt maju olimpiade matematika," kata netizen.

"Udah ngikutin tutorial bikin bolu yang ukuran nya udah tertera jelas aja bolu nya masih bantat, apalagi yang begini," curhat salah satu netizen.

"Setelah dicermati, dipikirkan dan dihitung2, akhirnya gofood bolu," kata netizen yang akhirnya menyerah.

Baca juga : Mirip Rumus Matematika, Netizen Ini Ungkap Sulitnya Bikin Kue Lapis Sarawak


Rumus membuat kue yang mirip seperti rumus matematika bukan baru kali ini saja diungkap netizen. Sebelumnya ada rumus membuat kue lapis sarawak yang tak kalah repotnya.

Untuk membuat kue lapis yang cantik ini, diperlukan rumus untuk menyusun lapisan kue. Ketika sudah matang, kue lapis ini juga masih harus ditata sesuai dengan patokan rumus yang sudah dibuat.



Simak Video "Cara Membuat Bolu Jagung Khas Kota Palu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)