Kreasi Gastronomi Molekuler: Makanan dan Kue Unik Bikin Terkejut

Yudistira Imandiar - detikFood Sabtu, 18 Apr 2020 07:30 WIB
Makanan gastronomi molekular Foto: Shutterstock
Jakarta -

Penyajian makanan masa kini kian beragam. Lebih dari sekadar menambah hiasan, ada beberapa jenis makanan yang bentuk dan rasanya tidak terduga.

Salah satu cara untuk membuat makanan unik itu memanfaatkan gastronomi molekuler. Secara sederhana, gastronomi molekuler merupakan disiplin ilmu mengenai reaksi fisiokimiawi dari proses pengolahan bahan makan. Dari gastronomi molekuler, dapat diketahui reaksi yang terjadi saat beberapa bahan makanan diolah dengan cara tertentu, seperti campuran telur dan minyak sayur dapat dikentalkan menjadi mayonaise, atau tepung terigu dicampur ragi jadi mengembang.

Gastronomi molekuler dapat dimanfaatkan untuk membuat makanan berbentuk unik, seperti batu ulekan, puding menyerupai cangkang telur, nitrogen untuk membuat es krim berasap, daging kambing dimasak hingga menyerupai arang gosong, dan sebagainya sehingga bikin orang terkejut ketika melihat dan menyantapnya.

Makanan kreasi gastronomi molekuler menjadi tren baru saat ini, harganya di restoran pun lumayan mahal. Memanfaatkan reaksi fisiokimiawi makanan dengan gastronomi molekuler aman dikonsumsi karena tidak ada campuran zat kimia berbahaya, hanya memanfaatkan reaksi molekul-molekul dari bahan makanan yang digunakan.

Makanan gastronomi molekularMakanan gastronomi molekular Foto: Shutterstock

Selain itu, ada juga kreasi kue dengan penampilan di atas normal. Misalnya, kue berupa pengantin wanita berukuran besar, bentuk kecoa, bentuk tangan manusia, sampai manusia utuh pun sudah bisa dibuat.

Untuk membuat kue berbentuk unik, modal utamanya tentu keterampilan membuat kue, lalu dibentuk menjadi sketsa, dan dipadukan dengan pemilihan warna agar nampak realistis. Saking mirip dengan bentuk aslinya, banyak orang yang terkecoh dengan bentuk kue unik tersebut.

Makanan gastronomi molekularMakanan gastronomi molekular Foto: Shutterstock

Penampilan makanan-makanan unik itu menarik untuk difoto dan diunggah ke sosial media. Agar wujud unik dari makanan bisa tertangkap dengan baik oleh kamera, pemotretan mesti dilakukan dengan cara yang benar.

Selain itu, foto yang bagus tentu harus didukung dengan alat yang memadai. Kamera OPPO Reno3 bisa diandalkan untuk mengambil foto makanan dan objek-objek menarik lainnya secara detail.

Didukung fitur Super Macro 3cm, kamera OPPO Reno3 dapat mengambil gambar makanan dan kue unik secara baik. Ditambah lagi kamera memiliki resolusi 108MP Ultra Clear Image, menghasilkan gambar yang tajam dan jernih, sehingga hasil foto sangat baik untuk dipajang di media sosial.

Selama menjalani physical distancing, kamu bisa berkreativitas untuk membuat ragam makanan berbentuk unik di rumah. Kegiatan itu bisa menjadi alternatif pengusir jenuh selama berada di rumah.

Sambil bereksperimen membuat makanan unik, kamu bisa membeli OPPO Reno3 dari rumah. Melalui program #BetterAtHome, OPPO menyediakan layanan pembelian produk tanpa harus datang ke toko. Caranya cukup dengan menghubungi WhatsApp OPPO Indonesia di nomor 08159550000. Selanjutnya pihak OPPO akan melayani pertanyaan dan pemesanan produk. Setelah konsumen membayar, produk akan langsung dikirimkan ke alamat tujuan.



Simak Video "Bikin Laper: Rahang Tuna Bakar Sambal Rica-rica"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com