Hari Ini Kantong Plastik Dilarang, Pakai 5 Kemasan Ramah Lingkungan Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 01 Jul 2020 12:30 WIB
5 Kemasan Ramah Lingkungan Pengganti Plastik Foto: iStock
Jakarta -

Pemakaian kantong plastik di Jakarta dilarang mulai hari ini (1/7) di berbagai pusat perbelanjaan. Solusinya bisa pakai kemasan yang ramah lingkungan.

Larangan pemakaian kantong plastik di Jakarta sudah dicanangkan dari Januari lalu. Namun, mulai diberlakukan hari ini di sejumlah pusat perbelanjaan seperti mal, minimarket, swalayan, hingga pasar tradisional.

Pemakaian kantong plastik sekali pakai ini dapat berdampak negatif karena sifat plastik yang tak mudah terurai. Bahkan membutuhkan waktu hingga ratusan tahun lamanya.

Plastik sendiri merupakan barang yang sebenarnya sangat berguna, mamun punya dampak negatif yang dapat merugikan dunia karena merusak ekosistem alam. Menurut wikipedia (1/7), plastik terbentuk dari kondensasi organik (polimer) atau bisa juga terdiri dari zat lainnya yang dapat meningkatkan kualitas plastik.

Jenis plastik pun sangat beragam, ada yang digolongkan sekali pakai dan susah terurai, namun ada juga yang ramah lingkungan dan bisa dimanfaatkan kembali. Kantong plastik yang dilarang pemakaian di Jakarta ini adalah jenis sekali pakai. Para pembeli diminta untuk membawa sendiri kantong belanja mereka.

detikFood merangkum 5 jenis kemasan ramah lingkungan yang dapat digunakan saat berbelanja selain plastik.

Baca Juga: Kantong Plastik Dilarang, Begini Cara Belanja Tanpa Plastik


1. Kantong Kain

5 Kemasan Ramah Lingkungan Pengganti Plastik5 Kemasan Ramah Lingkungan Pengganti Plastik Foto: iStock

Karena kantong plastik sekali pakai mulai hari ini dilarang pemakaiannya di Jakarta, maka kamu harus membawa sendiri kantong belanja agar tak repot. Kantong yang bisa digunakan adalah yang berbahan kain.

Kantong ini jelas ramah lingkungan karena terbuat dari kain yang berasal dari serat kapas. Kantong belanja ini juga bisa digunakan berulang kali tanpa merusak ekosistem alam. Biasanya kantong belanja bahan kain ini banyak terdapat di minimarket atau swalayan. Pastikan punya lebih dari satu sehingga kantong kain juga bisa diandalkan saat kamu belanja bulanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video " Minimalisir Sampah, Naked Inc Punya Cara Unik Ganti Plastik"
[Gambas:Video 20detik]