Kantong Plastik Dilarang, Begini Cara Belanja Tanpa Plastik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 08 Jan 2020 16:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Cara belanja tanpa plastik ini penting disimak setelah larangan kantong plastik berlaku. Rencananya di DKI Jakarta, larangan ini efektif berlaku mulai Juli 2020.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan peraturan gubernur (pergub) tentang larangan kantong plastik sekali pakai di mal, swalayan, hingga pasar. Larangan ini tertuang di Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.

Pergub tersebut diteken Anies pada 27 Desember 2019 dan diundangkan pada 31 Desember 2019. Rencananya larangan ini akan terus disosialisasi hingga tanggal efektif berlaku.

Kantong Plastik Dilarang, Begini Cara Belanja Tanpa PlastikFoto: iStock

Baca Juga: Larangan Kantong Plastik di Mal-Pasar Jakarta Berlaku Mulai Juli 2020

Belanja dengan kantong plastik sekali pakai sejatinya sudah jadi kebiasaan banyak orang Indonesia. Terlebih ketika berkunjung ke pasar tradisional atau supermarket, penjual juga menyediakan kantong plastik secara gratis. Meski ada juga yang kini mulai memberlakukan aturan kantong plastik berbayar.

Mengubah kebiasaan pemakaian kantong plastik memang butuh waktu, namun Anda bisa mulai menyiasatinya dengan mengikuti cara belanja tanpa plastik ini. Dibutuhkan kebulatan niat, tekad, dan tentu saja alat kemas lain sebagai pengganti kantong plastik sekali pakai.

detikFood merangkum tips penting soal cara belanja tanpa plastik. Berikut informasi lengkapnya.

1. Bawa kantong belanja guna ulang

Kantong Plastik Dilarang, Begini Cara Belanja Tanpa PlastikFoto: iStock

Sebelum belanja, pastikan menyiapkan kantong belanja guna ulang atau reusable. Kantong belanja ini bersifat ramah lingkungan karena bisa dipakai berkali-kali. Bahan untuk membuatnya beragam seperti daun kering, kertas, kain, piliester, dan lainnya.

Kantong belanja guna ulang kini banyak dijual di minimarket atau swalayan. Model dan motifnya bervariasi sehingga bisa dipilih sesuai selera. Sebelum belanja, pastikan membawa kantong belanja guna ulang dalam jumlah cukup. Hal ini bisa diperkirakan ketika Anda membuat daftar belanja.

2. Pakai kardus

Kantong Plastik Dilarang, Begini Cara Belanja Tanpa PlastikFoto: iStock

Saat belanja bahan makanan kemasan dalam jumlah banyak, jangan ragu memakai kardus. Biasanya kardus bekas sudah disediakan di supermarket atau penjual besar di pasar.

Mereka memanfaatkan kardus bekas makanan kemasan atau produk kemasan lainnya yang ada dalam jumlah banyak. Ukuran kardus yang besar bisa menampung bahan makanan sekaligus.

3. Bawa wadah plastik atau kaca

Kantong Plastik Dilarang, Begini Cara Belanja Tanpa PlastikFoto: iStock

Belanja bahan makanan yang dikemas seperti susu kalengan, sereal kotak, atau jus kemasan memang mudah. Tapi bagaimana saat belanja seafood, daging sapi, atau daging ayam? Biasanya kantong plastik jadi alat pembungkus andalan makanan segar ini.

Peran kantong plastik bisa diganti dengan wadah plastik atau kaca. Bisa juga memanfaatkan kotak bekal. Anda cukup menaruh potongan daging ayam, ikan, hingga lembaran daging di dalam wadah guna ulang ini. Jangan lupa minta tambahan es untuk ditaruh di dalamnya agar kesegaran daging terjaga.

4. Pakai kantong kertas

Kantong Plastik Dilarang, Begini Cara Belanja Tanpa PlastikFoto: iStock

Cara belanja tanpa plastik selanjutnya adalah memanfaatkan kantong kertas. Dibanding plastik, kertas tentu saja lebih ramah lingkungan karena lebih mudah terurai. Kantong kertas sudah sejak lama dipakai di banyak supermarket di luar negeri.

Berwarna cokelat, kemasan ini juga sering disebut paper bag. Bisa digunakan untuk membungkus roti dan bahan makanan kering seperti beras, pasta, atau kacang-kacangan. Kantong kertas juga berguna sebagai alternatif kantong belanja guna ulang jika Anda hanya belanja sedikit bahan makanan.

5. Pilih belanja di tempat berkonsep tanpa plastik

Kantong Plastik Dilarang, Begini Cara Belanja Tanpa PlastikFoto: iStock

Beberapa toko atau tempat belanja bahan makanan sudah menerapkan konsep tanpa plastik. Kebanyakan memang di luar negeri, tapi di Jakarta, konsep serupa juga ada. Salah satunya diusung 'The Bulkstore & Co' di Jl KH Wahid Hasyim.

Semua barang di sini dijual tanpa kantong plastik. Pengunjung dianjurkan membawa wadah sendiri, tapi kalau mau beli wadah nonplastik juga bisa. Toko ini sediakan tolebag, paper bag, toples hingga botol dengan berbagai ukuran dengan variasi harga.

Baca Juga: Belanja Tanpa Plastik Sama Sekali di Jakarta Bisa Banget, Ini Buktinya



Simak Video "Legit! Kue Tobu'u yang Buat Hati Menyatu"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)