5 Penangkal Virus Corona Tak Masuk Akal, Minum Spiritus dan Hand Sanitizer

Riska Fitria - detikFood Senin, 29 Jun 2020 15:00 WIB
Penangkal virus corona yang tak masuk akal Penangkal virus corona yang tak masuk akal Foto: Istimewa

4. Minum Hand Sanitizer

Penangkal virus corona yang tak masuk akalPenangkal virus corona yang tak masuk akal Foto: iStock

Sesuai namanya, hand sanitizer tentu saja digunakan tangan untuk mencegah bakteri berbahaya termasuk virus corona. Namun, di New Mexico, Amerika Serikat ada yang menggunakan hand sanitizer dengan cara diminum.

Seperti yang dilansir dari CNN Internasional (27/06), Departemen Kesehatan New Mexico melaporkan ada sekitar tiga orang yang tewas dan satu orang mengalami buta permanen setelah nekat minum hand sanitizer yang dianggap sebagai pencegahan virus corona.

Minum hand sanitizer sebagai pencegahan virus corona tentu saja tidak dibenarkan. Di dalam hand sanitizer terdapat kandungan berupa metanol yang berbahaya jika masuk ke tubuh manusia. Mengutip dari Chemicals.co.uk, kandungan metanol tidak boleh dihirup, dikonsumsi dan terkena kulit.

5. Minum Desinfektan

Penangkal virus corona yang tak masuk akalPenangkal virus corona yang tak masuk akal Foto: iStock

Beberapa waktu lalu media Kenya Today melaporkan bahwa ada seorang pendeta di Afrika Selatan yang menyarankan para jemaatnya untuk minum cairan disinfektan. Pendeta itu dikenal bernama Rufus Phala dari Gereja Kristen Rohani AK di Makgodu, Limpopomade.

Bukan tanpa alasan, pendeta tersebut menyarankan untuk minum cairan desinfektan sebagai pencegahan virus corona. Cairan desinfektan yang diminum saat itu adalah merek Dettol yang merupakan cairan yang biasa dipakai untuk air mandi, membersihkan lantai hingga membersihkan pakaian.

Karena minum cairan desinfektan tersebut, dilaporkan ada 59 jemaat yang meninggal dunia karena keracunan. Sebenarnya kabar pendeta minum disinfektan untuk pencegahan virus corona belum diketahui kebenarannya. Namun, pendeta tersebut memang sudah pernah melakukan praktik yang sama.

Baca Juga : Viral 59 Orang Tewas Setelah Minum Disinfektan, Ini Faktanya

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(raf/odi)