Gordon Ramsay 'Uncharted' di Indonesia, Cicip Durian Sampai Masak Rendang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 29 Jun 2020 11:00 WIB
Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic

2. Syuting diam-diam di Sumatera Barat
Saat syuting Gordon Ramsay 'Uncharted' Indonesia, Ramsay dan seluruh tim yang terlibat tidak memamerkan momen syuting mereka di media sosial. Namun tetap saja ada tanda-tanda yang menunjukkan kalau chef internasional ini ada di Indonesia.

Diketahui pada pertengahan Januari 2020, Ramsay berkunjung ke Tanah Datar, Batusangkar. Ramsay mengunjungi Istano Basa Pagaruyung untuk menikmati bajamba, tradisi makan bersama yang dilakukan masyarakat Minangkabau.

Pada 20 Januari 2020 Ramsay syuting Pacu Jawi di Nagari Sungai Jambu. Pacu Jawi sendiri adalah tradisi balap menggunakan dua ekor sapi. Tak kalah menarik, chef 53 tahun ini juga menyambangi Ngalau Simarasok, gua eksotis di Sumatera Barat untuk memancing udang.

Baca Juga: Kunjungi Tanah Datar, Gordon Ramsay Coba Tradisi Makan Bajamba

3. Belajar masak rendang

Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera BaratGordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic

Salah satu momen Gordon Ramsay 'Uncharted' Indonesia yang paling menarik perhatian adalah ketika ia mencari William Wongso untuk belajar bikin rendang. Sebelumnya ia bahkan menjelajah pasar tradisional di Sumatera Barat untuk belajar mengulek bumbu dengan ulekan khas Minang.

William Wongso menceritakan pada detikFood bahwa Ramsay sangat terpukau dengan komposisi rendang dan proses masaknya. Dalam tayangan National Geographic ini bahkan terlihat momen keakraban Ramsay dan William Wongso saat masak rendang dengan latar ngarai yang cantik.

Momen lucu terlihat ketika turun hujan saat Ramsay dan William Wongso serius memasak. Ramsay bahkan sempat memberi William Wongso wajan besar untuk dijadikan 'payung' agar proses masak rendangnya tak terganggu. "Saya pikir saya tahu sesuatu soal masakan Indonesia sebelum saya sampai sini, tapi saya belajar dari dasar dengan Anda," kata Ramsay.

Keduanya lomba masak rendang untuk disajikan pada Gubernur Sumatera Barat beserta keluarganya. William Wongso membuat rendang versi tradisional, sementara Ramsay membuatnya sedikit berbeda. Ia memakai tenderloin yang terkenal empuk. Potongan daging ini juga diasapi dulu olehnya sebelum diolah bersama bumbu rendang. Dua bahan utama yang Ramsay pakai adalah jahe dan minyak kelapa.

Baca Juga: Mencari William Wongso, Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang di Sumbar

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Pembukaan Subway Indonesia yang Timbulkan Antrean Panjang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com