Kunjungi Tanah Datar, Gordon Ramsay Coba Tradisi Makan Bajamba

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 22 Jan 2020 19:30 WIB
Foto: GettyImages
Jakarta -

Chef Gordon Ramsay bersama National Gheographic kunjungi Tanah Datar untuk pembuatan video dokumenter. Ia tak melewatkan bajamba, tradisi makan populer di sana.

Dua hari lalu (19/1), Gordon Ramsay bersama National Geographic membuat video dokumenter di Tanah Datar, Batusangkar, Sumatera Barat. Tak hanya sehari di sana, Gordon Ramsay dijadwalkan untuk membuat video tersebut selama dua hari dengan lokasi berbeda.

Kunjungi Tanah Datar, Gordon Ramsay Coba Tradisi Makan BajambaGordon Ramsay bersama Orang Lokal Sumatera Barat Foto: Istimewa

Pada 19 Januari, Gordon Ramsay dan National Geographic dijadwalkan untuk pengambilan gambar makan bajamba di Istano Basa Pagaruyung. Bajamba merupakan tradisi makan bersama yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau.

Biasanya Bajamba digelar ketika ada upacara adat atau acara keagamaan. Bajamba sendiri memiliki arti makan bersama dalam satu wadah. Kabarnya pakar kuliner Indonesia, William Wongso turut menemani kunjungan Gordon Ramsay kali ini.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bajamba, Tradisi Makan Bersama yang Populer di Minang

Lalu pada 20 Januari, ia syuting Pacu Jawi di Nagari Sungai Jambu. Bersama tim National Geographic, chef yang terkenal galak ini mendokumentasikan Pacu Jawi bersama joki-joki yang ada di sana. Pacu Jawi sendiri adalah tradisi balap menggunakan dua ekor kerbau.

Kunjungi Tanah Datar, Gordon Ramsay Coba Tradisi Makan BajambaFoto: Instagram @williamwongso

Selain membuat video dokumenter, ternyata Gordon Ramsay masih berada di Indonesia tepatnya di Sumatera Barat hingga saat ini. Lewat dokumentasi di Instagram Story-nya (22/1), Gordon Ramsay menunjukkan bahwa ia sedang berada di salah satu Goa yang terpencil dan jarang dijamah oleh banyak orang.

Baca Juga: Gordon Ramsay: Chef yang Kembalikan Predikat Bintang Michelin Itu Egois

Walaupun tidak menyematkan lokasi yang sedang ia kunjungi di Instagram Story miliknya, Gordon Ramsay diketahui sedang berada di goa bernama Ngalau Simalasak. Lokasinya di kawasan Jorong Simarasok.

Kunjungi Tanah Datar, Gordon Ramsay Coba Tradisi Makan BajambaGordon Ramsay Saat Berada di Goa Ngalau Simalasak, Sumatera Barat Foto: Instagram @gordongram

Goa tersebut masih terjaga keindahan alamnya karena merupakan gabungan goa dengan sungai yang mengalir. Sekelilingnya masih dipenuhi pepohonan dan tebing tinggi membuat pemandangannya terlihat lebih asri.

Dalam video Instagram Story-nya, Gordon Ramsay nampak mengagumi keindahan dari Ngalau Simalasak. Setelah mengunjungi Indonesia tepatnya Tanah Datar, Gordon Ramsay kabarnya akan mengunjungi India.



Simak Video "Gara-gara Adegan Ini, Gordon Ramsay Dituntut Sebuah Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)