5 Makanan Korea untuk Perayaan Ulang Tahun hingga Kematian

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 29 Jun 2020 12:00 WIB
5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea Foto: iStock


4. Jujube

5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea Foto: iStock

Jujube merupakan buah yang tumbuh liar dan berasal dari Asia Selatan. Buah ini mirip kurma namun warnanya merah. Banyak juga ditemukan di semenanjung Korea Selatan, China, dan India.

Jadi salah satu superfood karena beragam manfaatya yang baik untuk kesehatan tubuh. Jujube mengandung banyak nutrisi penting seperti zat antioksidan tinggi. Bisa juga digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Buah yang mirip kurma dan berwarna merah kecokelatan ini biasanya dijadikan suguhan saat perayaan upacara pernikahan di Korea. Jujube akan dihidangkan bersama makanan lainnya. Jadi makanan khas pernikahan karena diartikan agar hubungan pasangan awet dan dapat meningkatkan kesuburan.


5. Tteok-guk

5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea Foto: iStock

Satu lagi makanan yang biasa disajikan saat perayaan di Korea. Namanya tteok-guk, hidangan sup bening dengan kue beras sebagai isiannya. Tteok-guk hadir saat perayaan Seollal (Tahun Baru Korea).

Kue beras yang digunakan bentuknya tidak mirip dengan tteokbokki, melainkan seperti lingkaran dan tipis. Kuahnya berasal dari kaldu daging yang bening. Lalu diberikan bumbu sederhana seperti garam, merica, dan lainnya.

Penyajiannya diletakkan dalam mangkuk dengan irisan telur dadar, irisan daun bawang, dan taburan rumput laut kering. Ada juga kimchi sawi putih yang telah difermentasi untuk menikmati tteok-guk. Tteok-guk disajikan karena menjadi lambang keberuntungan saat tahun baru.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com