Selalu Lapar dan Makan Banyak Setelah Berenang? Ini Sebabnya

Sonia Basoni - detikFood Senin, 29 Jun 2020 06:00 WIB
Female Swimming Teacher Giving Man One To One Lesson In Pool Foto: iStock
Jakarta -

Selain sepedaan, berenang juga jadi aktivitas olahraga yang diminati banyak orang di akhir pekan. Ternyata berenang membuat orang cepat lapar dan makan lebih banyak.

Berenang jadi salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan di akhir pekan. Aktivitas yang satu ini disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Baca Juga: Keren! Fotografer Ini Motret Kolam Renang dari Semangkuk Sereal

Biasanya sehabis berenang dan bermain di dalam kolam renang, tubuh jadi cepat lapar dan ingin ngemil atau makan dalam porsi besar. Ternyata hal ini terjadi kepada semua orang.

Dilansir dari Yahoo UK (28/06), ada penelitian terbaru yang mengamati pola orang-orang berenang selama 15 tahun dan kaitannya dengan nafsu makan. Penelitian ini dilakukan sekelompok peneliti di beberapa universitas Inggris seperti Loughborough University sampai Conventry University.

Happy attractive couple relaxing in spa swimming poolHappy attractive couple relaxing in spa swimming pool Foto: iStock

Mereka merekrut 32 orang dengan rentang usia 40 tahun, di bagi dalam dua kelompok pria dan wanita. Semua orang-orang ini suka berenang dan naik sepeda untuk rekreasi dan tidak ada peserta yang memiliki berat badan berlebih.

Para peneliti juga memastikan bahwa peserta wanita tidak sedang dalam kondisi datang bulan atau hamil. Semua peserta kemudian di tes untuk melakukan aktivitas berenang, bersepeda dan istirahat dalam urutan acak selama 4 hari.

Peserta disediakan menu sarapan standard seperti sandwich, croissant dan jus jeruk sebelum jam 9 pagi. Sebelum berenang dan bersepeda semua peserta di ukur dulu nafsu makan mereka menggunakan skala khusus.

school lunch box for kids with food in the form of funny faces. the toning. selective focusschool lunch box for kids with food in the form of funny faces. the toning. selective focus Foto: iStock

Kemudian mereka semua berenang atau bersepeda selama waktu satu jam. Pada 30 menit pertama para peserta diberikan waktu istirahat untuk menyantap pasta sebanyak yang mereka mau sampai mereka merasa kenyang.

Hasilnya peneliti menemukan bahwa para peserta yang berenang mengonsumsi makanan lebih banyak sekitar 142 kalori. Tambahan makanan ini setara dengan 25 gram keripik atau dua buah biskuit.

Para peserta mengaku bahwa mereka merasa lebih lapar setelah berenang dan ingin makan dalam porsi banyak. Sementara untuk peserta yang bersepeda mereka mengonsumsi makanan lebih sedikit dari peserta renang yaitu sekitar 94 kalori persentasenya.

Peneliti juga tidak menemukan adanya perbedaan pola makan antara perenang pria dan wanita.

"Penemuan ini penting karena terkadang kita berasumsi bahwa olahraga tidak terlalu efektif untuk manajemen berat badan, karena wanita menghabiskan energi yang lebih sedikit saat olahraga. Namun asumsi ini tidak selalu didukung dengan bukti, sehingga penelitian ini menemukan bahwa pria dan wanita ternyata memiliki nafsu makan yang sama setelah olahraga," isi jurnal penelitian tersebut.

Spaghetti TunaSpaghetti Tuna Foto: iStock

Sayangnya alasan utama mengapa berenang bisa meningkatkan nafsu makan ke tubuh manusia belum diketahui secara pasti. Beberapa peneliti berasumsi bahwa hal ini berkaitan dengan suhu tubuh dan asupan makanan. Di suhu udara yang dingin, menyantap makanan bisa menjadi mekanisme untuk menghangatkan tubuh.

Meskipun ketika berenang tubuh akan menciptakan suhu hangat saat bergerak, tapi dinginnya air kolam renang membuat suhu tubuh menjadi menurun sehingga rasa lapar bangkit agar membuat tubuh sedikit hangat.

Ada juga teori yang mengkaitkan otak dengan peningkatan nafsu makan saat berenang. Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi kedua teori ini.

Jadi para peneliti mengingatkan untuk mengawasi dan membatasi asupan makanan setelah berenang. Tujuannya agar manfaat kesehatan dari berenang ini bisa dirasakan oleh tubuh.

Baca Juga: Masak Mie Instan 200 Bungkus, YouTuber Ini Pakai Kolam Renang untuk Wadah



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)