Chef Ini Pakai Mobil Minivan Layani Katering Keliling Desa

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 26 Jun 2020 16:30 WIB
Chef Pakai Minivan Untuk Katering Keliling Foto: IC/VCG
Jakarta -

Trik datangi konsumen dilakukan oleh chef ini. Ia pakai mobil minivan layani katering keliling pedesaan.

Xie Junming sering berpergian ke desa-desa di wilayah pedalaman provinsi Guangdong. Entah itu pesta pernikahan, pesta kelahiran bayi sampai acara pemakaman, Xie pasti selalu berada di sana menyiapkan berbagai jenis makanan.

Baca Juga: Bersikap Rasis Pada Pelanggan China, Chef Ini Dipecat

Dilansir dari Global Times (26/06), Xie dibantu oleh istrinya untuk membuka restoran mobil. Ia dikenal juga dengan julukan koki keliling yang mampu memasak ratusan porsi makanan untuk acara-acara yang ada di wilayah pedalaman.

Chef Pakai Minivan Untuk Katering KelilingChef Pakai Minivan Untuk Katering Keliling Foto: IC/VCG

Semua makanan khas China bisa disajikan sesuai permintaan. Xie paling jago membuat salad buah hingga menu utama seperti ikan dengan hiasan bunga wortel yang cantik. Bahkan ia sudah terbiasa masak selama 3 hari berturut-turut untuk acara kumpul-kumpul keluarga di desa.

"Orang-orang yang tinggal di desa kini lebih kaya jadi mereka sering mengadakan acara atau pesta. Bagi saya ini merupakan peluang bisnis karena tidak banyak restoran atau jasa katering di desa-desa," jelas chef berusia 45 tahun tersebut.

Xie dulunya bekerja sebagai juru masak untuk pemerintah. Ia lulus dari sekolah kuliner terkenal setelah mendapatkan beasiswa dari pemerintah, di sana ia mengembangkan bakatnya dalam memasak hidangan khas Kanton.

Chef Pakai Minivan Untuk Katering KelilingIlustrasi chef masak. Foto: IC/VCG

Sebelumnya Xie juga sudah akrab di dunia memasak karena ia sering bekerja di restoran untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Sebelum menjadi koki keliling ia sempat membuka gerai jajanan.

Lalu setelah berhasil memenangkan kontes memasak dari pemerintah ia mulai percaya diri untuk membuka jasa katering sejak tahun lalu. Untuk memasarkan kateringnya ia sengaja memberikan banyak makanan gratis ke orang-orang.

Chef Pakai Minivan Untuk Katering KelilingChef Pakai Minivan Untuk Katering Keliling Foto: IC/VCG

Teknik marketing ini terbilang berhasil karena sekarang Xie menjadi incaran banyak warga desa yang ingin mengadakan pesta. Xie cukup beruntung karena mendapatkan kesempatan untuk mengasah bakatnya dengan beasiswa sekolah kuliner dari pemerintah.

Di China sendiri banyak acara kompetisi memasak yang memberikan peluang hingga kesempatan bagi chef amatir untuk mengembangkan bakat mereka. Rata-rata pemerintah membuka kontes ini untuk membantu orang-orang dari keluarga menengah ke bawah.

Baca Juga: Bukan Hanya Selebriti, Orang Kaya di China Juga Doyan Jamur Truffle



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)