Bukan Hanya Selebriti, Orang Kaya di China Juga Doyan Jamur Truffle

Devi Setya - detikFood Jumat, 07 Feb 2020 11:00 WIB
truffle Foto: istimewa
Jakarta -

Truffle putih asal Italia terkenal sebagai salah satu makanan mewah. Para jutawan di China ternyata berebut agar bisa menikmati hidangan dengan truffle putih asal Italia.

Para chef di China selalu kewalahan memenuhi permintaan para pelanggannya yang ingin makan hidangan dengan truffle putih. Pemburu hidangan truffle putih asal Italia ini bukan orang biasa. Mereka datang dari kalangan konglomerat berkantung tebal.

Sayangnya, meskipun mereka punya banyak uang tapi belum tentu bisa menikmati hidangan dengan truffle putih. Dilansir dari South China Morning Post (8/2) China tidak bisa mendapatkan pasokan truffle yang banyak karena produksi jamur liar ini sangatlah terbatas.

Orang Kaya di China Ternyata Doyan Banget Truffle ItaliaFoto: istimewa


Baca juga : Ini Alasannya Jamur Truffle Harganya Selalu Mahal di Dunia


Di China harga 100 gram truffle putih asal Itaalia dibanderol dengan harga 300 Euro atau sekitar Rp 4,5 juta. Setiap truffle putih yang baru dipanen, biasanya akan dilelang. Dari hasil lelang belakangan ini, orang China termasuk yang paling antusias.

"Setiap tahun di Alba kami mengadakan lelang truffle putih yang dibuka untuk pasar global. Selama 15 tahun ini lelang digelar secara streaming di Hong Kong. Tapi mayoritas pemenang lelang diraih oleh orang China. Orang-orang China adalah klien kami yang terbesar," ujar Marco Scuderi, wakil presiden International Alba White Truffle.

Tahun lalu, seorang pengusaha asal Hong Kong menjadi pembeli truffle putih paling fenomenal. Pengusaha yang identitasnya dirahasiakan ini memenangkan lelang untuk truffle seberat 1 kilogram. Truffle raksasa ini dibanderol dengan harga USD 132.000 (Rp 1,8 milyar).

Dalam satu acara lelang, seorang chef asal China turut dilibatkan untuk menghadirkan hidangan istimewa yang dibuat dengan tambahan truffle putih. Chef Yong Zhang pendiri dari Grup Xin Rong Ji yang terkenal dengan restoran mewahnya turut mempromosikan truffle putih asal Alba, Italia.

Orang Kaya di China Ternyata Doyan Banget Truffle ItaliaFoto: istimewa


Baca juga : Bisa Beli Rumah Mewah! Ini Harga Jamur Truffle yang Capai Rp 2 M per Kilogram


Chef Zhang pernah membeli truffle putih dengan bobot 470 gram seharga USD 13.300 (Rp 181 juta). Ia menjadikan truffle ini hidangan istimewa yang disajikan di restorannya. Tentu saja hanya pelanggan berkantung tebal yang bisa menikmati hidangan harum ini.

Bukan hanya enak jadi pelengkap makanan Italia, ternyata truffle juga punya rasa enak ketika dipadukan dengan masakan China. Truffle kerap disajikan dengan sup ganggang nori, udang goreng, nasi goreng China dan aneka masakan China lainnya.



Simak Video "Main Game Sambil Isi Perut di Gamer's Paradise"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)