Nyaris Dimasak, Puluhan Anjing Ini Diselamatkan dari Pasar Daging di China

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 26 Jun 2020 11:00 WIB
Daging Anjing di China Foto: MailOnline
Jakarta -

Hampir disembelih untuk dimasak jadi makanan, puluhan anjing yang berjejalan di pasar daging yang ada di China ini berhasil diselamatkan oleh pecinta hewan.

Menuai kritik dan kecaman banyak orang, konsumsi daging anjing di China masih terbilang tinggi. Apalagi dengan hadirnya festival daging anjing di Yulin yang tetap berlangsung meski di tengah pandemi Corona.

Baca Juga: 5 Fakta Festival Daging Anjing Yulin di China yang Dikecam

Dilansir dari Daily Mail UK (26/06), salah satu pecinta hewan yang berkunjung ke pasar daging di Nanning, Provinsi Guangxi, terkejut saat melihat puluhan anjing dimasukkan ke dalam satu kandang kecil yang kotor.

Daging Anjing di ChinaDaging Anjing di China Foto: MailOnline



Provinsi Guangxi sendiri dikenal sebagai tuan rumah dari festival daging anjing Yulin. Pecinta hewan bernama Du Yufeng ini membagikan pengalamannya saat menyelamatkan puluhan anjing yang nyaris dihidangkan sebagai makanan.

Menurutnya banyak penjual yang membebaskan pengunjung untuk memilih langsung anjing hidup di dalam kandang sebelum mereka menyembelih dan memotong daging-dagingnya.

Karena tak tega melihat pemandangan itu, Du langsung membeli 30 ekor anjing hidup dari salah satu penjual daging di pasar setelah nego harga beberapa kali. Usai membelinya Du langsung menyewa mobil dan membawa 30 anjing itu ke tempat yang aman.

Daging Anjing di ChinaDaging Anjing di China Foto: MailOnline



Bahkan ia tak mau mengambil risiko dan memilih membawa anjing-anjing itu ke tempat penampungan di Guangyuan yang cukup jauh dari Nanning.

Dalam satu video yang diambilnya, terlihat Du membawa anjing-anjing itu di depan pasar yang ramai. Sementara video lainnya menunjukkan Du membawa anjing-anjing itu ke dalam mobil mini van. Nantinya semua anjing malang ini akan tinggal di Bo Ai Animal Protection Centre yang didirikan oleh Du.

Du memang berada di sekitar Yulin untuk melakukan aksi protes bersama para aktivis pelindung hewan lainnya. Mereka bahkan mengirimkan petisi ke pemerintah Provinsi Guangxi untuk menghentikan festival daging anjing ini.

Daging Anjing di ChinaDaging Anjing di China Foto: MailOnline



"Wabah penyakit merupakan hal yang sangat serius tapi masih banyak orang di sini yang berkumpul untuk makan daging anjing. Mengapa mereka masih melakukan hal itu dan mengapa polisi masih mengizinkan warga lokal untuk makan daging anjing bahkan melindungi mereka? Pesan ini harus didengar," tuntut Du.

Menurut laporan yang ada festival daging anjing di Yulin yang dilangsungkan setiap akhir bulan Juni masih diselenggarakan meski tidak sebesar tahun sebelumnya.

Sementara beberapa restoran yang menyajikan daging anjing mengaku bahwa penghasilan mereka turun drastis.

Pasar Yuli Masih Jual Daging AnjingPasar Yuli Masih Jual Daging Anjing Foto: Humane Society International/AFP



Tak hanya dipenuhi aksi protes aktivis saja, banyak netizen China lewat situs Weibo yang mengkritik dan mengecam festival daging anjing ini. Sebelumnya pemerintah China mulai mengambil langkah yang tegas tentang konsumsi daging hewan liar.

Pertama pemerintah China mengeluarkan anjing dari daftar hewan ternak lalu beberapa kota seperti Shenzhen, Zhuhai sampai Beijing yang melarang konsumsi daging hewan liar seperti anjing dan kucing.

Baca Juga: Ngeri! Pemandangan Anjing yang Dibantai Untuk Jadi Santapan Warga China



Simak Video "Mampir ke Restoran China Bergaya Interior Meriah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)