5 Fakta Festival Daging Anjing Yulin di China yang Dikecam

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 12 Jun 2020 16:30 WIB
Vendors wait for customers to buy dogs in cages at a market in Yulin, in southern Chinas Guangxi province on June 21, 2015.  The city holds an annual festival devoted to the animals meat on the summer solstice which has provoked an increasing backlash from animal protection activists.      CHINA OUT    AFP PHOTO        (Photo credit should read STR/AFP/Getty Images) Foto: AFP/Getty Images/STR/CBR
Jakarta -

Festival daging anjing di Yulin mengundang kecaman setiap tahunnya. Masih banyak warga China yang antusias menyambut festival ini di tengah pandemi Corona.

Setiap bulan Juni, warga China tepatnya di kota Yulin selalu mengadakan festival daging anjing. Dalam setiap perayaan festival ini setidaknya ada lebih dari 10,000 ekor anjing yang dibunuh dan dagingnya dikonsumsi.

Meski konsumsi daging anjing sudah menjadi tradisi di China sejak dulu, tapi festival ini mendapatkan kecaman dan kritik dari organisasi pelindung hewan di dunia. Kecaman ini semakin kencang setelah pandemi Corona yang memiliki kaitan erat dengan konsumsi daging hewan eksotik.

Dilansir dari Ranker (12/06), berikut beberapa fakta seputar perayaan festival daging anjing di Yulin.

Baca Juga: Pemerintah China Sebut Anjing Bukan Hewan Ternak Untuk Dimakan

1. Dimulai Tahun 2009

Vendors wait for customers to buy dogs in cages at a market in Yulin, in southern China's Guangxi province on June 21, 2015.  The city holds an annual festival devoted to the animal's meat on the summer solstice which has provoked an increasing backlash from animal protection activists.      CHINA OUT    AFP PHOTO        (Photo credit should read STR/AFP/Getty Images)- Foto: AFP/Getty Images/STR/CBR

Banyak yang tidak tahu bahwa festival daging anjing di kota Yulin pertama kali digelar pada tahun 2009 silam. Saat itu festival daging anjing dianggap sebagai hal yang lumrah, karena daging anjing sudah dikonsumsi selama ribuan tahun di China.

Dikenal juga dengan nama 'Yulin Dog Festival', acara ini dibuat untuk merayakan daging anjing dan dianggap sebagai festival tradisi budaya yang unik di China.

Selain itu banyak orang yang percaya bahwa daging anjing memiliki banyak manfaat kesehatan. Daging anjing dianggap sebagai salah satu obat tradisional yang populer di musim panas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nasi Lemak hingga Kwetiau Sirem yang Sedap Mantap"
[Gambas:Video 20detik]