5 Cara Sederhana Menjaga Keamanan Pangan di Rumah

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 23 Jun 2020 15:00 WIB
Keamanan Pangan di Rumah Foto: Getty Images/iStockphoto/

4. Perhatikan Kebersihan Kulkas

Keamanan Pangan di RumahKeamanan Pangan di Rumah Foto: Getty Images/iStockphoto/



Meski terdengar sepele ternyata kebersihan kulkas juga masuk ke dalam keamanan pangan di rumah lho. Wida mengungkapkan bahwa banyak orang yang malas membersihkan isi kulkas dan cenderung menimbun makanan-makanan sisa di dalam sana.

"Setelah kita belanja makanan segar, langkah selanjutnya adalah kita harus rajin cek suhu kulkas. Terlalu banyak menyimpan makanan membuat suhu kulkas jadi tidak merata. Tujuan kita masukkan makanan adalah untuk mengawetkan, tapi jika suhunya tidak merata malah makanan jadi cepat basi," ungkap Wida.

Untuk itu ia menyarankan agar orang-orang lebih sering membersihkan kulkas secara berkala. Tujuannya untuk membuang sisa makanan atau produk makanan yang sudah kedaluwarsa.

"Banyak orang beranggapan bahwa kulkas itu tempat suci yang tidak perlu dibersihkan. Selain kulkas, dispenser air juga perlu dibersihkan karena sisa air kadang mengendap dan bisa menimbulkan bakteri," tambahnya.

5. Cara Penyimpanan Bahan Makanan

Keamanan Pangan di RumahKeamanan Pangan di Rumah Foto: Getty Images/iStockphoto/



Setelah belanja di pasar dan membersihkan kulkas, tentunya ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Wida menjelaskan untuk telur lebih baik dicuci secara perlahan untuk menghilangkan kotoran atau bulu ayam sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Jangan menimbun terlalu banyak telur karena telur punya masa kedaluwarsa.

Kemudian untuk sayuran bisa dimasukkan ke dalam chiller. Tapi Wida menyarankan untuk menyimpan sayuran sesuai yang dibutuhkan, karena sayuran ini gampang layu meski sudah masuk kulkas.

"Agar sayuran tidak cepat layu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, sayuran ini bisa dimasukkan ke dalam plastik bersih atau wadah. Bisa juga tambahkan potongan bawang putih ke plastik atau wadah jika ingin menyimpan cabe, jeruk limo, jeruk nipis dan sebagainya agar lebih awet," pungkasnya.

Di akhir kesempatan Wida berharap bahwa sesi sharing ini bisa diterapkan di rumah atau bagi pengusaha makanan UKM. Agar semua makanan kualitasnya lebih terjaga.

Baca Juga: Cara Aman Simpan Makanan di Kulkas Saat Listrik Mati

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Tips Mengolah Kangkung yang Baik dan Benar"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/sob)