5 Cara Sederhana Menjaga Keamanan Pangan di Rumah

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 23 Jun 2020 15:00 WIB
Keamanan Pangan di Rumah Foto: Getty Images/iStockphoto/

2. Urutan Belanja Makanan

Keamanan Pangan di RumahKeamanan Pangan di Rumah Foto: Getty Images/iStockphoto/



Ada alasan tersendiri mengapa supermarket mengatur produk segar seperti daging, sayuran, seafood di dekat kasir. Tujuannya agar orang-orang setelah memilih makanan segar ini langsung menuju kasir dan kualitas makanan tetap terjaga.

"Kalau belanja di supermarket biasanya bagian paling depan itu diisi oleh produk kemasan yang awet. Kemudian di dekat kasir baru produk segar, agar waktu penyimpanan di suhu ruangannya tak terlalu lama. Jadi disarankan untuk membeli produk kemasan, baru terakhir belanja daging dan sayuran," saran Wida.

3. Pemilihan Bahan Makanan

Keamanan Pangan di RumahKeamanan Pangan di Rumah Foto: Getty Images/iStockphoto/



"Sangat penting untuk menerapkan food safety di rumah apalagi kalau memiliki anggota keluarga yang masuk ke kelompok rentan seperti bayi, orangtua atau orang sakit," tutur Wida.

Cara penerapan keamanan pangan di rumah ini cukup sederhana, mulai dari pemilihan bahan makanan dipastikan harus segar. Terutama dalam memilih sayuran, ikan dan daging.

"Kalau memilih ikan pastikan matanya harus jernih dan teksturnya masih kenyal. Kalau mau beli daging merah pilih yang warnanya masih bagus. Begitu juga dalam memilih telur, wajib pilih telur yang cangkangnya tidak retak. Karena jika cangkang telur retak itu bisa jadi tempat pertumbuhan bakteri," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tips Mengolah Kangkung yang Baik dan Benar"
[Gambas:Video 20detik]