5 Cara Sederhana Menjaga Keamanan Pangan di Rumah

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 23 Jun 2020 15:00 WIB
Keamanan Pangan di Rumah Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Food safety atau keamanan pangan tak hanya berlaku di industri makanan saja, tapi juga penting diterapkan di rumah. Caranya juga mudah dan sederhana.

Lewat live streaming di Instagram @mbriotraining (22/06), perusahaan MBRIO Training & Consulting yang bergerak dalam bidang food safety training menjelaskan bagaimana cara menerapkan sistem keamanan pangan di rumah. Tampil sebagai narasumberWida Winarno selaku Direktur PT Embrio Biotekindo.

"Food safety merupakan keamanan pangan bisa dibilang kita melihat makanan dari sisi keamanannya. Mulai dari pemilihan bahan makanan, cara pengolahan, tingkat kematangan hingga pengemasannya itu semua termasuk dalam lingkup food safety," jelas Wida Winarno yang juga dikenal sebagai pendiri Indonesian Tempe Movement.

Wida menuturkan ada beberapa tips food safety yang bisa diterapkan di dapur rumah atau bagi para penggiat UKM.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Kualitas Makanan, Telur hingga Pisang

1. Kemanan Pangan di Rumah

Keamanan Pangan di RumahKeamanan Pangan di Rumah Foto: Getty Images/iStockphoto/



"Yang disebut aman dari keamanan pangan itu harus bebas dari tiga bahaya. Pertama bahaya fisika atau fisik, kemudian bahaya mikrobiologi, ketiga bahaya kandungan kimia yang ada," jelas Wida.

Untuk bahaya fisik melingkupi kemasan makanan atau benda-benda yang membahayakan. Misalnya ketika makanan dibungkus menggunakan hekter, jika hekternya terlalu kecil dan masuk ke dalam makanan itu masuk ke dalam bahaya fisik.

Kemudian pada bahaya mikrobiologi, Wida menuturkan bahwa hal ini berkaitan dengan mikroorganisme atau bakteri yang ada di dalam makanan. Jika makanan sudah tercemar bakteri sudah pasti itu melanggar keamanan pangan.

Terakhir ada bahaya kimia, di mana penggunaan bahan makanan mengandung kimia. Contohnya penggunaan pemanis buatan yang terlalu banyak sehingga kandungan kimianya mengendap dan masuk ke dalam tubuh manusia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tips Bersihkan Makanan Takeaway Agar Aman dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]