8 Tips Bikin Nasi Goreng yang Enak dan Sedap

Odilia WS - detikFood Senin, 22 Jun 2020 07:00 WIB
nasi goreng Foto: iStock


2. Wajan cekung


Bukan tak boleh memakai wajan datar untuk membuat nasi goreng, tetapi untuk hasil maksimal, gunakan wajan wok, wajan cekung dari besi atau aluminium atau bahan lainnya. Wajan cekung akan menyebarkan panas merata di sisi wajan sehingga bahan yang diaduk bisa matang bersamaan.

Karena itu penjaja nasi goreng atau koki di rumah makan dan restoran China selalu memakai wajan cekung untuk membuat nasi goreng. Mereka cukup menggoyangkan wajan ke arah depan untuk membalik nasi goreng.

alat masak wajan8 tips bikin nasi goreng yang enak dan sedap. Foto: tonywebsterphoto.com



3. Bumbu lengkap

Sebelum memulai membuat nasi goreng, racik dan siapkan semua bahan-bahan di dekat kamu memasak. Dengan demikian kamu tak perlu membuang waktu mencari-cari bumbu yang kelupaan. Hal ini bisa menghindarkan dari bumbu gosong karena terlalu lama dipanaskan di wajan tanpa diaduk.

Untuk bumbu nasi goreng dengan cabe, bisa dipakai bumbu nasi goreng kemasan yang siap pakai. Atau racik sendiri dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, terasi, cabe merah dan garam. Buat bumbu ini dalam jumlah banyak, tumis dengan minyak hingga matang dan simpan dalam botol bertutup sebagai stok.

Untuk nasi goreng putih atau nasi goreng China cukup memakai bawang putih yang dicincang. Bumbunya berupa kecap asin, saus tiram dan sedikit miyak wijen dan garam. Jang lupa siapkan juga bawang merah goreng sebagai bahan taburan nasi goreng yang sedap.

4. Jangan terlalu banyak isian

Kecuali akan membuat nasi goreng gila, jangan terobsesi menambahkan semua jenis bahan yang ada di kulkas untuk paduan nasi goreng. Pilih saja satu jenis, misalnya ikan asin atau teri, bakso, sosis atau daging asap. Ini untuk menjaga agar rasa nasi goreng tetap enak dan jelas.

Perlu diingat bahwa semua jenis daging olahan seperti bakso, sosis atau kornet sudah diberi garam. Makanya tambahkan garam di saat terakhir. Agar nasi goreng tak keasinan rasanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3