Es Krim Pertama Kali Ditemukan di China atau Italia?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 22 Jun 2020 12:00 WIB
Sejarah es krim Foto: Getty Images/iStockphoto/Zocha_K

4. Es krim berubah tekstur menjadi lebih padat
Titik balik sesungguhnya dari sejarah es krim adalah pada masa Renaissence, ketika minuman beku hanya menjadi ramuan es cair saja dan berubah menjadi lebih modern. Bentuknya padat layaknya gelato yang kini jadi favorit di dunia.

Polliotti menjelaskan, "Itu terjadi sekitar tahun 1500 hingga 1600-an di pengadilan Florentine ketika untuk pertama kalinya bahan-bahan seperti telur, susu, gula, dan bahkan wine ditambahkan pada es. Membuat teksturnya lebih padat dan lembut."

Hal tersebut memicu revolusi dan mengubah proses produksi es krim. Bahan-bahan tadi diolah bersama kemudian dibekukan. Akhirnya gelato lahir dan es krim menjadi makanan yang lebih kompleks. Banyak penyair dan duta besar lantas memuji produk makanan baru yang mahal ini.

"Adalah susu yang membedakan sorbet dengan es krim, dimana produk mengandung lemak butuh suhu lebih rendah untuk beku, bersama dengan penambahan garam dalam proses pembuatan yang mengoptimalkan gelato," lanjut Polliotti.

5. Es krim versi sekarang asalnya dari Italia

Sejarah es krimSejarah es krim Foto: Getty Images/iStockphoto/Zocha_K

Seiring waktu, es krim tidak hanya dinikmati kalangan atas saja. Tahun 1800-an, es krim muncul dalam banyak rasa dan bentuk. Di masa inilah muncul mesin gelato pertama. Mesin ini memungkinkan es krim atau gelato dibuat oleh satu orang saja. Sebelumnya butuh 4 orang untuk membuat 10 kg gelato.

Sedangkan es krim cone yang populer sekarang ditemukan serta dipatenkan oleh imigran Italia bernama Italo Marchioni pada tahun 1903. Ia lantas hidup di New York hingga akhirnya bisa membantu es krim lebih dikenal lagi.

Untuk kesimpulannya, Polliotti mengatakan fragmen-fragmen sejarah membuktikan bahwa asal-usul es krim ialah dari Italia. "Meskipun tidak ada seorang pun yang secara khusus menciptakan minuman es pertama dalam sejarah, apa yang kita nikmati hari ini sebagai es krim atau gelato untuk hidangan penutup, camilan atau makanan, adalah produk buatan Italia yang agung," tutupnya.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gelato dan Es Krim

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com