Dingin Manis Es Krim

Pertama Diciptakan di China, Es Krim yang Lembut Dingin Kini Mendunia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 21 Okt 2019 15:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Dingin Manis Es Krim
Jakarta - Es krim jadi dessert populer di dunia dengan ragam varian rasa. Es krim memiliki sejarah panjang dari pertama kali diciptakan di China.

Menyebut dessert populer di dunia, banyak orang langsung teringat es krim. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis membuat banyak orang tak bisa menolak kenikmatan es krim. Siapa sangka es krim memiliki sejarah panjang sebelum terkenal di seluruh negara.

BBC (21/10) mencatat es krim pertama kali ditemukan di China pada tahun 200 Sebelum Masehi. Saat itu orang China membuat campuran susu dan beras yang dibekukan dengan menguburnya dalam salju. Sementara penjelajah Marco Polo yang hidup di tahun 1254-1324 meyakini pernah melihat es krim dibuat di China sebelum akhirnya es krim diperkenalkan di Italia.

Pertama Diciptakan di China, Es Krim yang Lembut Dingin Kini MenduniaFoto: iStock

Cerita lain menyebut es krim sungguhan yang dibuat dengan campuran susu dan krim sebagai bahan utamanya pertama kali ada di Timur Tengah, sekitar abad ke-10 Masehi. Dikutip dari Praline's Own Made (21/10), es krim saat itu diberi perasa dari buah dan kacang-kacangan.


Barulah pada abad ke-18 di Inggris dan Amerika Serikat, varian es krim seperti sekarang dikenal. Resep es krim pertama terungkap dalam buku "Mrs. Mary Eale's Receipts." Es krim konon diracik dengan ceri, raspberry, kismis, atau strawberry.

Pertama Diciptakan di China, Es Krim yang Lembut Dingin Kini MenduniaFoto: iStock

Orang Eropa lalu semakin menyempurnakan kemampuannya dalam membuat es krim. Mereka menggunakan buah, parutan keju, dan manisan bunga jeruk sebagai perasa es krim. Terkadang orang Eropa juga bereksperimen menambahkan rasa tak biasa pada es krim seperti asparagus dan foie gras atau liver angsa.

Es krim bisa dibedakan berdasarkan resep adonannya. Resep es krim paling umum yaitu es krim 'hard' diracik dari 10% lemak susu, 12-16% pemanis, krim, gula, telur, dan stabilizer. Sedangkan es krim 'soft' yang kini hits dibuat dari bahan serupa hanya saja proses pembekuannya berbeda dengan suhu lebih tinggi.

Sementara berdasarkan bentuk, es krim ada yang ditaruh dalam cup, cone, batang, atau dibuat jadi cake. Es krim juga ada yang digulung di atas pan layaknya teppanyaki. Es krim dari Thailand ini sempat hits di kalangan pencinta es krim.


Pertama Diciptakan di China, Es Krim yang Lembut Dingin Kini MenduniaFoto: iStock

Selain es krim, gelato asal Italia juga mendunia. Meski mirip es krim, gelato ternyata diracik dengan bahan dan proses yang berbeda. Begitu juga dengan sorbet dan frozen yogurt yang tampilannya sekilas sama. Lalu dimana letak perbedaannya?

Dari sisi nutrisi, es krim ternyata kerap 'disalahkan' karena memicu kenaikan berat badan atau batuk pada anak kecil. Tapi apakah hal ini benar? Pada ulasan kali ini, detikFood akan membahas serba-serbi soal es krim.

Begitu juga dengan varian es krim unik yang kini populer. Misalnya saja es krim bentuk anak anjing dan es krim rasa teh premium. Tak ketinggalan soal varian es krim terkenal di negara-negara lain hingga es krim legendaris di Indonesia yang rasanya selalu 'ngangenin'. Untuk tahu informasi lengkapnya, simak terus detikFood ya!



Simak Video "Puas Menjajal Rice Bowl Lidah Sapi yang Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Dingin Manis Es Krim