Es Krim Pertama Kali Ditemukan di China atau Italia?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 22 Jun 2020 12:00 WIB
Sejarah es krim Foto: Getty Images/iStockphoto/Zocha_K
Jakarta -

Es krim adalah jenis dessert beku yang kini mendunia. Tapi tahukah kamu asal-usul es krim? Di mana es krim pertama kali ditemukan? Dan seperti apa kreasi es krim pertama di dunia?

Siapa tak kenal es krim? Dessert beku berbahan susu dan gula ini jadi pilihan banyak orang untuk segarkan tenggorokan. Es krim terdiri dari berbagai jenis seperti gelato yang populer di Italia, sorbet dengan cita rasa buah, sampai es krim bar yang banyak dijual di minimarket.

Menilik sejarahnya, ada banyak fakta menarik soal es krim. Seperti cerita tentang dimana es krim pertama kali ditemukan, di China atau Italia? Kemudian banyak juga orang yang penasaran dengan kreasi es krim pertama kali. Konon bahan dan bentuknya tidak seperti yang sekarang.

South China Morning Post (18/6) merangkum fakta-fakta terkait sejarah es krim yang menarik seperti berikut:

1. Ada sejak abad 9 di China

Sejarah es krimSejarah es krim Foto: Getty Images/iStockphoto/Zocha_K

Asal-usul es krim bisa ditelusuri sampai ke Mesopotamia, wilayah kuno yang mencakup Irak, Iran, Suriah, dan Turki, pada tahun 1200 Sebelum Masehi (SMM). Banyak orang lantas meyakini kalau es krim yang dikenal sekarang adalah ciptaan orang Italia.

Namun fakta menunjukkan hal lain. Sebuah ode China abad 12 yang ditulis penyair Yang Wanli menyiratkan keberadaan es krim. Ia memuji minuman dingin dengan tekstur renyah yang "tampak beku dan seperti melayang". Deskripsi ini seolah menyiratkan adanya es krim di awal-awal abad 9.

Orang China konon dulu membuat lubang untuk mengawetkan es yang akan dinikmati sebagai minuman segar saat musim panas. Hal ini disampaikan Luciana Polliotti, sejarawan es krim sekaligus kepala Gelato Museum di Bologna, Italia.

Ia menjelaskan, "Jalur Sutra dipenuhi ribuan pondok salju, lubang salju, dan ruang penyimpanan es yang dibangun untuk mengawetkan produk-produk alam yang berharga dan ajaib ini, tempat dimana pelancong dan pedagang akan berhenti untuk menyegarkan diri dengan jus dingin yang lezat."

Baca Juga: Pertama Diciptakan di China, Es Krim yang Lembut Dingin Kini Mendunia

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com