Penuh Serangga dan Kotoran Tikus, 5 Pabrik Makanan Ini Ditutup Paksa

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 20 Jun 2020 17:00 WIB
Pabrik Makanan Kotor Foto: China Press/AsiaOne/Mirror/Sanook

4. Pabrik Sandwich Didenda

Pabrik Makanan KotorPabrik makanan kotor (Foto: China Press/AsiaOne/Mirror/Sanook)

Selain di Asia, pabrik makanan di Inggris pun mengalami hal yang serupa. Salah satu pabrik makanan yang memproduksi sandwich dijatuhi denda £5.000 (Rp 88 juta) pada 2014 karena terbukti melanggar protokol kebersihan dan kesehatan.

Pabrik sandwich yang terletak di Newcastle ini punya standar kebersihan pabrik yang sangat buruk. Di mana lantai dan dinding yang penuh dengan noda makanan, lantai yang tidak pernah dibersihkan, sampai isian sandwich yang tidak dimasukkan ke dalam kulkas.

Sang pemilik pabrik bernama John Robson mengaku lalai dalam mengelola bisnisnya ini. Sementara itu, menurut laporan dari sistem keamanan makanan, pihaknya sudah mengingatkan John untuk meningkatkan kebersihan di pabriknya beberapa kali namun tidak ada perubahan.

5. Pabrik Kembang Tahu

Pabrik Makanan KotorPabrik makanan kotor (Foto: China Press/AsiaOne/Mirror/Sanook)

Pada tahun 2018 pemerintah kota Penang sempat menutup pabrik kembang tahu yang punya standard kebersihan di bawah rata-rata. Pabrik makanan yang satu ini sangat kotor hingga disebut sebagai pabrik yang menjijikkan.

Saat itu Departemen Kesehatan Penang melakukan penyelidikan dan menemukan ada pabrik tahu yang lokasinya berada di dalam perkebunan kelapa sawit di Simpang Ampat, Seberang Perai.

Mereka juga menemukan banyak laba-laba di mana-mana dan tempat berkembang biaknya nyamuk karena adanya tumpukan sampah. Pabrik ini akhirnya diperintahkan ditutup selama dua minggu dan dibersihkan. Menurut Departemen Kesehatan, pabrik ini jadi kasus yang terparah dari pabrik makanan kotor lainnya.

Baca Juga: Hi..! Katering Penuh Kecoa dan Lalat Ini Didenda Rp 51 Juta

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com