Jijik Banget! Pabrik Tahu Ini Penuh Kecoak dan Kotoran Tikus

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 18 Jun 2020 16:00 WIB
Pabrik Tahu Jorok Banget Foto: Facebook/DBKL
Jakarta -

Pabrik makanan perlu standar kebersihan yang tinggi untuk menjaga kualitas makanan. Tapi tidak seperti pabrik tahu ini yang penuh dengan kecoak dan kotoran tikus.

Salah satu pabrik tahu di Jalan Pudu Ulu yang ada di wilayah Cheras, Malaysia jadi viral di internet setelah foto-foto bagian dalam pabrik mereka diunggah ke media sosial. Pihak Kuala Lumpur City Hall (DBKL) menjelaskan bahwa pabrik tahu ini sudah melanggar aturan dan kebijakan kesehatan makanan yang ada.

Baca Juga: Hi..! Katering Penuh Kecoa dan Lalat Ini Didenda Rp 51 Juta

Pabrik Tahu Jorok BangetPabrik Tahu Jorok Banget Foto: Facebook/DBKL



Menurut The Star (18/06), Walikota Kuala Lumpur, Datuk Nor Hisham Dahlan mengatakan bahwa ada lima petugas kesehatan dari DBKL yang melakukan inspeksi mendadak ke pabrik tahu itu di pagi hari.

Para petugas kesehatan ini menyamar sebagai orang-orang biasa dan mereka terkejut ketika menemukan kotornya pabrik tahu tersebut.

"Saya bahkan merasa mual kita melihatnya dan hampir muntah. Pabrik tahu itu sangat menjijikkan dan membuat saya tidak nyaman selama di sana," ujar salah satu petugas kesehatan.

Pabrik Tahu Jorok BangetPabrik Tahu Jorok Banget Foto: Facebook/DBKL


Menurut pengakuan mereka pabrik tahu itu sangat kotor hingga lantai dan atap tempat pembuatan tahun sudah menghitam dan penuh debu. Apalagi ada banyak kecoak yang berkeliaran di sana dan dekat dengan toilet yang beraroma tak sedap.

Bahkan mereka juga menemukan banyak kotoran tikus di dalam pabrik tahu tersebut.

"Semua pegawai di sana tidak mengenakan sepatu atau penutup kepala selama mengolah tahu. Pemilik pabrik tahu juga tak pernah menyewa jasa pest control untuk membersihkan pabrik tahu ini," ungkap penemuan petugas kesehatan di sana.

Pabrik Tahu Jorok BangetPabrik Tahu Jorok Banget Foto: Facebook/DBKL



Menurut bukti yang dikumpulkan oleh DBKL, semua tahu yang ada di sana dibuat di lantai dengan sisa tahu berceceran di seluruh tempat. Tidak ada standard kebersihan untuk para pegawainya bahkan ada pegawai yang tidak mengenakan pakaian.

Untuk itu pabrik ini langsung ditutup oleh pemerintah selama 14 hari lewat undang-undang tentang makanan di Malaysia yang diperintahkan langsung oleh Nor Nisham.

"Jika pabrik tahu ini masih kotor dan jorok saat dibuka kembali, maka kami akan mengeluarkan peringatan untuk mencabut izin usaha pabrik tahu ini. Saya berharap semua orang yang bekerja di bidang produksi makanan bisa menjaga kebersihan dan kualitas makanan," pungkas Nisham.

Pabrik tahu ini bukan satu-satunya yang melanggar protokol kebersihan dan kesehatan di pabrik makanan. Sebelumnya salah satu pabrik tofu yang terkenal di Singapura harus membayar denda sebanyak 31 juta karena pabriknya jadi sarang kecoak.

Baca Juga: Hii..! Jadi Sarang Kecoa, Pabrik Tahu Ini Kena Denda Rp 31 Juta



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)