Penuh Serangga dan Kotoran Tikus, 5 Pabrik Makanan Ini Ditutup Paksa

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 20 Jun 2020 17:00 WIB
Pabrik Makanan Kotor Foto: China Press/AsiaOne/Mirror/Sanook

2. Pabrik Ceker Ayam

Pabrik Makanan KotorPabrik makanan kotor (Foto: China Press/AsiaOne/Mirror/Sanook)

Ceker ayam merupakan salah satu makanan yang digemari di Asia, terutama di Thailand. Beberapa waktu yang lalu sempat geger sebuah video yang menunjukkan beberapa karyawan pabrik ceker ayam tengah melepaskan tulang dari ceker menggunakan mulut mereka.

Pabrik ceker ayam tersebut berada di Nong Khai, Thailand. Pabrik tersebut langsung mendapat kecaman dari banyak pihak setelah kepergok mengolah ceker ayam dengan cara yang jorok.

Para karyawan di sana memisahkan tulang-tulang dari ceker ayam menggunakan mulut mereka. Kejadian tersebut direkam dan dibagikan oleh petugas kebersihan Thailand yang saat itu sedang mengontrol isi pabrik. Karena itu, pemerintah Thailand langsung turun tangan untuk menindak tegas pelanggaran tersebut.

3. Pabrik Kecap Penuh Kotoran Tikus

Pabrik Makanan KotorPabrik makanan kotor (Foto: China Press/AsiaOne/Mirror/Sanook)

Pemerintah Malaysia terbilang aktif mengawasi pabrik makanan untuk memastikan semua pabrik masih mengikuti standar kebersihan dan kesehatan yang ditetapkan.

Pada 2016, pemerintah Kota Ipoh di Malaysia memutuskan menutup pabrik kecap yang ada di Taman Rishah untuk sementara waktu karena pabrik itu sangat jorok. Departemen Kesehatan menemukan adanya kencing dan kotoran tikus dari wadah pengolahan kecap yang ada di sana.

Selain itu, beberapa serangga, seperti kecoa, terlihat mengambang di penampungan kecap yang sedang dalam proses fermentasi. Bahkan menurut perwakilan Departemen Kesehatan, mereka sempat melihat beberapa ekor tikus berlarian di dalam pabrik kecap tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3