Bahaya Makan Sisa Semangka di Kulkas, Wanita Ini Nyaris Tewas!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Jun 2020 12:30 WIB
Bahaya makan sisa semangka di kulkas Foto: Getty Images/iStockphoto/by sonmez
Jakarta -

Makan semangka membawa petaka untuk seorang wanita di Wuhan, China. Ia nyaris meninggal lantaran makan sisa semangka yang sudah dua hari di kulkas.

Dikutip dari Must Share News (18/6), wanita 50 tahun itu membeli semangka utuh untuk dikonsumsi. Namun karena tak langsung habis dalam sekali makan, ia menyimpan sisa semangka dalam kulkas.

Sekitar dua hari semangka itu ada di dalam kulkas. Kemudian wanita itu berniat kembali memakannya. Namun tak disangka, hal ini malah berujung petaka. Tak lama setelah makan semangka, wanita itu alami gejala panas dingin dan demam.

Bahaya makan sisa semangka di kulkasBahaya makan sisa semangka di kulkas Foto: Getty Images/iStockphoto/by sonmez

Gejala itu kian parah keesokan harinya dan ia putuskan langsung berobat ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan menunjukkan wanita itu alami "tekanan darah syok". Selain itu, jumlah bakteri dalam tubuhnya juga ribuan kali lebih tinggi dari jumlah normal.

Kondisi kesehatan itu bisa saja berakibat fatal hingga ia meninggal dunia. Pasalnya jika bakteri di usus tumpah ke aliran darahnya akan berpotensi sebabkan syok sepsis dan septik. Dua kondisi ini sangat mengancam keselamatan nyawa.

Beruntung wanita itu mendapat tindakan yang tepat. Para dokter berhasil mengatasinya hingga ia selamat.

Bahaya makan sisa semangka di kulkasBahaya makan sisa semangka di kulkas Foto: Getty Images/iStockphoto/by sonmez

Seorang profesor dari Universitas Pertanian China lantas menyoroti kejadian ini. Ia menilai ada dua kemungkinan penyebab di balik pertumbuhan bakteri pada semangka. Pertama soal temperatur kulkas yang terlalu hangat, kedua kondisi kulkas yang kotor.

Baca Juga: Hati-hati! Terlalu Banyak Makan Semangka Bisa Picu Diare hingga Radang Hati

Sebelum menimpa wanita 50 tahun di Wuhan, bahaya kesehatan karena makan semangka juga dialami pria 70 tahun di Hunan, China. Pria bernama Lianhe Zaobao itu alami nyeri perut parah setelah makan semangka yang disimpan di kulkas selama dua jam.

Di rumah sakit, hasil pemeriksaan menunjukkan usus kecilnya tersumbat. Ada pula tanda-tanda hematoma, perdarahan di luar pembuluh darah yang terjadi. Serta nekrosis yang merupakan kematian sel dalam organ atau jaringan.

Dokter tidak punya pilihan untuk mengatasinya selain mengamputasi organ yang terkena. Semua ini demi menyelamatkan nyawa sang kakek.

Bahaya makan sisa semangka di kulkasBahaya makan sisa semangka di kulkas Foto: Getty Images/iStockphoto/by sonmez


Lalu seperti apa sebenarnya cara menyimpan semangka di kulkas? Pertama, pastikan suhu kulkas Anda tetap dingin kira-kira 4 derajat Celcius. Jangan sampai suhunya menurun karena kondisi hangat bisa membuat bakteri bertumbuh dengan cepat. Kedua, jaga selalu kebersihan kulkas.

Cara lain yang perlu dilakukan adalah bungkus permukaan sisa semangka dengan plastik sebelum dimasukkan ke kulkas. Plastik akan mencegah semangka menyerap aroma dan rasa dari makanan lain yang ada di kulkas. Sekaligus menjaga kesegaran daging buahnya.

Baca Juga: Cara Aman Simpan Makanan di Kulkas Saat Listrik Mati



Simak Video "Masak Masak: Resep Puding Buah dalam Semangka"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)