Mewah hingga Sederhana, Ini 5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 19 Jun 2020 11:30 WIB
5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara Foto: University Site
Jakarta -

Setiap kampus memiliki menu makanan yang berbeda. Ada beberapa kampus terkenal di berbagai negara yang punya makanan beragam dari mewah sampai sederhana.

Sebagai salah satu fasilitas yang paling penting di kampus atau universitas, banyak kantin kampus yang menawarkan berbagai menu untuk mengisi perut para mahasiswa. Tentunya setiap kampus di berbagai negara memiliki menu makanan yang berbeda.

Baca Juga: Berdesakan dan Menu Biasa, Kantin Kampus Selalu Bikin Kangen

Seperti Universitas Oxford di Inggris yang punya menu makanan khas Inggris klasik seperti pancake sampai confit duck yang mewah. Lalu di Beijing ada Universitas Peking yang menyajikan berbagai makanan cepat saji khas China seperti bakpao dan pangsit.

Dilansir dari Oxford Royale (18/06), berikut lima makanan anak kampus di berbagai negara.

1. Inggris

5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara Foto: University Site

Sebagai salah satu kampus yang paling bergengsi di Inggris, Universitas Oxford punya banyak fasilitas menunjang untuk para mahasiswanya. Biasanya setiap mahasiswa mendapatkan jatah makan tiga kali sehari dalam ruangan makan yang ada di wilayah kampus. Biayanya sekitar £3 (Rp 52,000) per kepala.

Untuk menu makanannya cukup beragam dengan hidangan klasik Inggris seperti bolognese, pancake, kari, hingga sponge cake. Tersedia juga kantin kampus di Ballilol College di bawah Universitas Ofxord dengan para pelayan yang servisnya mirip seperti di restoran mewah.

Menu makanannya menggabungkan hidangan Inggris klasik yang terinspirasi dari kuliner Prancis seperti guinea fowl, salmon, sampai confit duck yang mewah. Kisaran harganya sekitar £25 (Rp 444.000).

2. China

5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara Foto: University Site/Peking University

Di Beijing ada Universitas Peking yang paling bergengsi dan sulit untuk dimasuki. Universitas ini memiliki luas lebih besar dari kampus-kampus yang ada di Inggris dengan kapasitas mahasiwa mencapai 33,000 orang.

Sudah menjadi tradisi bagi mahasiswa di China untuk menyantap semua makanan yang disajikan di kantin kampus. Kebanyakan mahasiswa tinggal di asrama yang tidak memiliki dapur sehingga pihak kampus menyediakan berbagai jenis makanan di sana.

Pemerintah China juga mensubsidi kantin kampus agar semua mahasiswa bisa makan dengan kenyang. Pilihannya mulai dari Chinese food sampai makanan internasional. Untuk camilannyaada baozi atau bakpao dengan harga 2 yuan (Rp 4.000), lalu menu makanan utamanya ada sup mala tang seharga 15 yuan (Rp 30.000).

3. Prancis

5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara Foto: University Site

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau semua makanan di kampus yang ada di Prancis terutama di Paris memiliki makanan yang enak. Kebanyakan sekolah sampai universitas menyajikan menu makanan 3 kali sehari untuk para muridnya.

Di Universitaire Internationale de Paris contohnya, para mahasiswa disediakan tiga makanan yang tak kalah enak dari restoran mewah pada umumnya. Seperti steak, aubergine gratin, braised hake, sampai grilled courgettes.

Semua set menu ini kisaran harganya sekitar €3.25 (Rp 51,861) sudah termasuk diskon bagi pemegang kartu mahasiswa. Sementara menu lainnya juga ada dari beef carpaccio atau chicken escalope dengan kisaran harga yang sama.

4. Afrika

5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara Foto: University Site

Afrika University atau Universitas Afrika merupakan salah satu universitas paling besar di sana. Pertama kali berdiri di tahun 1992, universitas ini bisa menampung lebih dari 1,200 mahasiswa dari 36 negara di benua Afrika.

Kantin di Universitas Afrika memang tidak semewah di Prancis atau di Inggris, namun tetap nyaman dengan kursi warna-warni dan ruangan makan yang luas. Di sini menyajikan sarapan dan makan siang.

Menu makanannya berbeda setiap harinya mulai dari mealie yaitu bubur khas Afrika, lalu ada telur orak-arik, telur rebus, ampela ayam dan banyak lagi sementara menu makan siangnya ada pilihan nasi dengan sayuran sampai daging. Kisaran harga per porsinya sekitar Rp 15.000 saja.

5. Barcelona

5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara5 Makanan Anak Kampus di Berbagai Negara Foto: University Site

Di Universitas Pompeu Fabra yang ada di Barcelona menu makanannya lebih mewah dan beragam. Ada tiga kantin kampus yang menyediakan makanan berbeda dan buka dari pagi hingga malam hari.

Kantin ini juga menyajikan menu sarapan, makan siang dan makan malam dengan hidangan utama. Menu yang paling populer ada keju, sosis, dan ham yang dilapisi sandwich dengan kisaran harga sekitar €1.30 (Rp 20.000).

Kebanyakan menu di sini diambil dari makanan lokal sekaligus untuk mempromosikan hidangan Mediterania yang sehat dan memiliki manfaat kesehatan untuk para mahasiswa.

Baca Juga: Lihat Kantin LSPR yang Instagramable, Netizen : Kantin Kampusku Langsung Minder



Simak Video "Icip-icip Sandwich Subway di Citos"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com