5 Fakta Tiwul, Olahan Singkong Pengganti Nasi Favorit Masyarakat Jawa

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 10:30 WIB
Fakta Seputar Tiwul Foto: iStock

2. Terbuat dari Singkong

Fakta Seputar TiwulFakta Seputar Tiwul Foto: iStock

Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang punya kandungan karbohidrat tinggi. Singkong yang dijadikan untuk membuat tiwul bukanlah singkong segar yang baru dipanen.

Untuk membuat tiwul, singkong tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu. Singkong yang dikeringkan disebut bernama gaplek. Biasanya gaplek ini banyak ditemui di daerah Wonogiri, Pacitan, Gunungkidul, dan sekitarnya.

Pastinya tiwul memiliki nilai gizi yang cukup tinggi walaupun bukan terbuat dari beras. Karena selain ada kandungan karbohidrat, ada juga nutrisi penting lainnya. Seperti vitamin C, kalsium, zat besi, protein, hingga fosfor.

3. Cara Membuat Tiwul

Fakta Seputar TiwulFakta Seputar Tiwul Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Untuk membuat tiwul, bahan utama yang diperlukan adalah gaplek. Kemudian gaplek dihaluskan hingga menjadi butiran mirip dengan nasi. Butiran gaplek tersebut dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air. Setelahnya barulah dikukus di dalam dandang.

Tunggu tiwul hingga matang, teksturnya nanti akan menggumpal ketika matang. Warnanya juga berubah menjadi kecoklatan jika sudah matang. Tiwul punya rasa yang hambar, namun bisa dikonsumsi bersama jangan lombok (sayur cabai) dan lauk lainnya.

Baca Juga: Mengenal Sego Berkat, Nasi Bungkus Daun Jati yang Populer untuk Hajatan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Nikmati Penyetan hingga Kue Tiwul Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]