Jus Mata Kambing dan Susu Kuda, Kuliner Unik Mongolia

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 12:30 WIB
Makanan Unik Khas Mongolia Foto: FRTR/Ist
Jakarta -

Jarang disorot seperti negara lainnya, banyak kuliner menarik yang bisa ditemukan di Mongolia. Seperti susu kuda sampai jus wortel yang dicampur mata kambing.

Mongolia merupakan sebuah negara yang cukup terisolasi atau terkurung di wilayah Asia Timur. Negara ini berbatasan antara Rusia dan China selatan. Tentunya negara ini penuh dengan tradisi unik dan kuliner menarik yang sering dianggap aneh bagi sebagian orang.

Salah satu makanan yang menarik dicoba ada jus wortel yang dicampur dengan bola mata kambing. Kemudian ada juga keju khas Mongolia yang terbuat dari jeli kepala kambing, terakhir ada minuman populer susu kuda yang jadi minuman wajib di sana.

Dilansir dari Forever Roaming The Roads (15/06), berikut lima makanan aneh dan tak biasa di Mongolia.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Lezat Tapi Aneh dan Ekstrem Dari Beberapa Negara

1. Airag

Makanan Unik Khas MongoliaMakanan Unik Khas Mongolia Foto: FRTR/Ist



Susu sapi memang populer di mana-mana tapi berbeda dengan susu khas Mongolia yang satu ini. Di sana orang lebih mengenal susu dengan nama Airag. Airag merupakan susu kuda yang sudah difermentasi dan cukup populer di beberapa wilayah Asia.

Berbeda dengan susu sapi atau kambing, susu kuda mengandung lebih banyak gula sehingga rasanya sedikit berbeda. Airag biasanya difermentasi dan dibuat seperti minuman alkohol.

Rasa dari susu kuda ini cukup unik, ada campuran asam dan juga rasa kuat dari alkohol serta aroma fermentasi yang cukup tajam. Kalau berkunjung ke Mongolia jangan lupa coba minuman yang satu ini.

Reisa


Selanjutnya
Halaman
1 2 3