Ini 5 Makanan Lezat Tapi Aneh dan Ekstrem Dari Beberapa Negara

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 03 Mei 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Setiap negara punya kuliner dengan ciri khas masing-masing. Tapi beberapa negara punya makanan yang cukup aneh, sedikit esktrem, tapi digemari banyak orang.

Berkunjung ke beberapa negara, banyak ragam makanan unik yang sudah ada sejak dulu. Makanan-makanan ini menarik perhatian, karena tampilannya yang berbeda dan bahkan sedikit mengerikan. Dilansir dari Boot Snall (03/05), berikut lima makanan lezat dan esktrem di dunia.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan Ekstrem yang Mematikan Ini Tetap Digemari

1. Balut

Ini 5 Makanan Lezat Tapi Aneh dan Ekstrem Dari Beberapa NegaraFoto: Istimewa

Berkunjung ke Filipina, ada Balut. Hidangan ini berasal dari embrio bebek yang menjadi makanan khas di sana. Banyak telur berusia tua, yang sudah memilikit balut dalam bentuk utuh sehingga tampilannya sedikit menyeramkan.

Dalam warisan kuliner di Filipian, Balut merupakan makanan populer sekaligus jajanan enak di sana. Makanan ini mirip seperti hot dog di Amerika, yang dijual di pinggir jalan. Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi balut dapat meningkatkan libido, dan juga sebagai asupan protein.

2. Kopi Luwak

Ini 5 Makanan Lezat Tapi Aneh dan Ekstrem Dari Beberapa NegaraFoto: Istimewa

Indonesia punya beragam biji kopi yang enak dan memiliki ciri khas. Salah satunya kopi luwak, jenis kopi ini merupakan salah satu kopi termahal di dunia. Kopi ini melalui proses fermentasi lewat pencernaan musang atau luwak, sehingga memiliki aroma rasa spesial.

Singkatnya kopi luwak ini berasal dari kotoran hewan luwak. Di Indonesia, kopi ini dijual dengan kisaran harga Rp 1.704.000 hingga Rp 4.260.000 per 500 gram.

3. Wine Ular

Ini 5 Makanan Lezat Tapi Aneh dan Ekstrem Dari Beberapa NegaraFoto: Istimewa

Ular dalam kuliner Asia, sudah bukan hal yang baru lagi. Biasanya ular diolah menjadi sup, sate, atau digoreng. Tapi di Vietnam, ular jadi bahan makanan yang begitu populer, sehingga muncul lah wine ular.

Wine ular ini terbuat dari racikan rice wine, yang dicampur dengan bisa ular. Warnanya sedikit merah muda, karena terdapat juga darah ular di sana. Banyak orang Vietnam yang percaya, bahwa wine ular ini memiliki banyak manfaat kesehatan, sekaligus menyembuhkan berbagai penyakit.

4. Sannakji

Ini 5 Makanan Lezat Tapi Aneh dan Ekstrem Dari Beberapa NegaraFoto: Istimewa

Orang Korea suka dengan aneka seafood segar, dan biasanya disantap dalam keadaan masih hidup. Seperti hidangan bernama Sannakji, yang terdiri dari gurita hidup. Gurita yang masih hidup biasanya akan dipotong dalam beberapa bagian, lalu dibumbui dengan minyak wijen, dan disajikan.

Kebanyakan gurita ini akan menempel di bagian mulut hingga tenggorokan. Sehingga hidangan ini dianggap berbahaya, namun tetap digemari oleh banyak orang di Korea.

5. Laba-laba Goreng

Ini 5 Makanan Lezat Tapi Aneh dan Ekstrem Dari Beberapa NegaraFoto: Istimewa

Seperti camilan ayam goreng renyah, ke Kamboja, Anda akan disuguhkan dengan camilan laba-laba goreng yang disuguhkan di sepanjang jalan. Laba-laba utuh sudah menjadi hidangan warga Kamboja sejak dulu.

Menurut warga di sana, laba-laba punya tekstur yang krispi dan renyah di luar. Tapi lembut dan mulur di dalam. Sementara rasa dagingnya mirip seperti campuran serangga atau daging ayam.

Baca Juga: Jelly Kulit Hewan hingga Pohon Udang, Makanan Natal Aneh dari Berbagai Negara (dwa/odi)