Selain Kedelai, Biji Kecipir dan Biji Lamtoro Juga Enak Dibuat Tempe

Riska Fitria - detikFood Senin, 15 Jun 2020 15:30 WIB
Jenis biji untuk bahan baku tempe Jenis biji yang bisa jadi bahan baku tempe Foto: iStock
Jakarta -

Tak melulu dari kacang kedelai, ternyata bahan baku pembuatan tempe juga bisa menggunakan jenis biji dan kacang-kacangan lain.

Dalam rangka Hari Tempe Internasional yang jatuh pada 6 Juni kemarin, Indonesian Tempe Movement mengadakan diskusi menarik tentang tempe. Dalam diskusi pada Sabtu (13/06) melalui Zoom tersebut dilakukan bersama dengan pembicara yang tak kalah menarik.

Salah satunya adalah Helianti Hilman, Founder Javara. Helianti Hilman menyebut bahwa bahan baku pembuatan tempe tidak hanya menggunakan kacang kedelai, tetapi juga bisa menggunakan jenis biji-bijian atau kacang-kacangan lainnya.

Soal nutrisi, jenis biji ataupun kacang tersebut tak kalah menyehatkan dari kacang kedelai. Begitupun dengan harga yang dinilai lebih terjangkau. Berikut 5 jenis biji dan kacang untuk bahan baku tempe.

1. Biji Lamtoro

Jenis biji untuk bahan baku tempeJenis biji untuk bahan baku tempe Foto: iStock

Membuat tempe dari biji lamtoro sering dilakukan oleh masyarakat di Jawa Timur. Awalnya, pembuatan tempe dari biji lamtoro ini dilakukan untuk mengatasi mahalnya harga kacang kedelai.

Karena tidak ingin gulung tikar, kemudian para pembuat tempe di Jawa Timur mencari alternatif lain membuat tempe. Hingga akhirnya mereka terpikirkan untuk mengganti kacang kedelai dengan biji lamtoro.

Biji lamtoro adalah yang biasa masyarakat mengenalnya dengan sebutan petai cinta. Bentuknya sama seperti petai biasa, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil, yaitu seukuran dengan biji kedelai.

Harga biji lamtoro jauh lebih murah daripada kacang kedelai. Uniknya, meski terbuat dari biji lamtoro tetapi rasa tempenya hampir sama dengan tempe dari kacang kedelai.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Perpaduan Es Krim dan Tempe, Seenak Apa ya?"
[Gambas:Video 20detik]