Cobek Dipakai Sebagai Alat Masak Sejak Zaman Batu dan Kini Masih Eksis

Devi Setya - detikFood Senin, 15 Jun 2020 14:00 WIB
cobek Foto: iStock

2. Sejak dahulu digunakan untuk menghaluskan

cobekcobek Foto: iStock


Kini cobek dan ulekan identik sebagai alat masak untuk menghaluskan bumbu dan bahan, tapi sebenarnya dahulu cobek bukan hanya dijadikan alat penumbuk makanan. Bukan hanya di Indonesia, alat penumbuk ini digunakan oleh manusia kuno di berbagai belahan dunia.

Khusus di Indonesia, cobek dan ulekan lebih populer dijadikan alat masak. Cobek dan ulekan digunakan untu menumbuk, menggiling, melumat, mengulek, dan mencampur bahan-bahan. Beberapa jamu tradisional juga diracik dengan cara menghaluskan bahan menggunakan cobek dan ulekan.

Baca juga : Enak dan Sedapnya Sambal Tergantung pada Kualitas Cobek dan Ulekan


3. Sebutan cobek dan ulekan di berbagai daerah

cobekcobek Foto: iStock


Dalam Bahasa Inggris, cobek dan ulekan disebut 'mortar and pestle'. Secara umum di Indonesia dikenal dengan sebutan cobek dan ulekan, namun masyarakat di beberapa daerah memiliki beragam sebutan lain.

Dalam Bahasa Sunda, cobek lebih dikenal dengan sebutan coet atau cowet, sementaara dalam Bahasa Jawa disebut cowek atau coek. Lain lagi dengan ulekan yang dalam bahasa Sunda disebut mutu dan di Jawa populer dengan sebutan ulekan atau uleg-uleg.

Cobek dan ulekan umumnya terbuat dari batu namun ada juga yang memanfaatkan cobek yang terbuat dari bahan kayu, keramik hingga logam. Bentuk cobek dan ulekan juga kadang ada perbedaan meskipun tidak terlalu mencolok. Salah satunya bisa dilihat dari bentuk ulekan khas Minang yang bentuknya berupa batu bulat panjang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Nasi Kepal Bungkus Telur untuk Si Kecil"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com