Mirip Rumus Matematika, Netizen Ini Ungkap Sulitnya Bikin Kue Lapis Sarawak

Devi Setya - detikFood Senin, 15 Jun 2020 13:30 WIB
kue lapis sarawak Foto: twitter/instagram @mykotchenconfidante
Jakarta -

Dibutuhkan kesabaran saat membuat kue lapis. Tapi untuk kue lapis sarawak, bukan hanya butuh kesabaran saja tapi juga butuh rumus untuk menyusun tiap lapis kue ini.

Kalau di Indonesia terkenal dengan kue lapis legit yang punya puluhan lapisan adonan dalam tiap loyang. Maka Malaysia memiliki kue lapis sarawak yang tak kalah ribet cara membuatnya. Kue ini bukan hanya berlapis tetapi juga memiliki pola unik di tengahnya.

Di Malaysia harga kue ini terbilang mahal, kalau dirupiah-kan hingga ratusan ribu untuk seloyang kue lapis. Harga mahal ini tampaknya sebanding dengan proses pembuatannya yang terbilang sulit.

kue lapis sarawakkue lapis sarawak Foto: twitter/instagram @mykotchenconfidante


Baca juga : Legit Berlapis-lapis, Kue Lapis Legit Jadi Simbol Kemakmuran yang Berlapis


Seorang netizen yang juga keluarga dari pengusaha kue lapis sarawak membagikan rahasia dibalik cantiknya kue berlapis ini. Bukan hanya asal susun kue lapis harus dibuat dengan bentuk pola khusus. Untuk membentuknya, tak jarang para pembuat kue ini memiliki rumus pedoman saat membuat kue lapis sarawak.

"Banyak orang bertanya kenapa kue lapis sarawak sangat mahal. Inilah yang dibuat ibuku saat ia memasak kue lapis," ujar pengguna akun twtter @ruffleseed yang dikenal dengan sapaan Ken.

Ken bukan asal cuit, ternyata ia berasal dari keluarga pembuat kue lapis sarawak yang terbilang legendaris. Ibu dan saudara perempuan Ken sudah membuat kue ini sejak tahun 1984.

Dalam unggahan ini Ken memperlihatkan foto kue lapis serawak, sementara di sampingnya ada kertas yang mencantumkan langkah pembuatan kue lapis ini. Jika dilihat dari dekat, kertas catatan ini seperti rumus berisi pola.

kue lapis sarawakkue lapis sarawak Foto: twitter/instagram @mykotchenconfidante


Tidak berlebihan rasanya kalau menyebut kertas panduan ini sebagai rumus, karena saat memanggang kue memang harus mengikuti pola ini. Jika salah menyusun satu layer maka pola yang terbentuk akan langsung berantakan.

Unggahan yang dibagikan Ken pada 10 Juni 2020 ini kemudian mendapat banyak respon netizen. Hingga kini, sudah ada lebih dari 52 ribu retweet serta lebih dari 100 ribu tanda like dari netizen untuk rumus kue lapis ini.

"OMG terlihat sangat cantik, ibumu seorang arsitek. Aku mau coba kue ini," ujar netizen.

"Banyak orang tidak tahu bagaimana perjuangan membuat sepotong kue lapis sarawak ini. Dibuat lapis demi lapis satu persatu. Pagi sampai sore hanya untuk buat kue ini," beber netizen lain.

"Sejak aku melihat foto ini, aku langsung memikirkan tentang motif kue. Kue ini sangat istimewa, saya membayangkan makan kue ini satu demi satu lapis," ungkap netizen yang takjub.

kue lapis sarawakkue lapis sarawak Foto: twitter/instagram @mykotchenconfidante


Baca juga : Kek Lapis Astro dan Puncak Kasih Nan Elok dan Legit dari Sarawak


Selain netizen yang takjub dengan motif kue lapis ini, banyak juga yang penasaran dengan proses pembuatannya. Di sini Ken berjanji akan merekam prosesnya saat ibu dan saudara perempuannya membuat kue lapis ini.

"Aku akan mencoba merekam video saat ibuku membuat kue lapis ini. Mulai dari perencanaan pola hingga cara membuatnya," ujar Ken yang kemudian disambut antusias oleh netizen.

Untuk membuat kue lapis serawak ini prosesnya cukup panjang. Pertama, harus membuat kue berlapis lebih dahulu kemudian beberapa kue lapis dipotong dengan ukuran lebih kecil. Lapisan ini selanjutnya ditata sesuai rancangan pola yang sudah dirancang. Sambil disusun, kue juga diolesi dengan selai agar lebih merekat.

Bukan hanya sulit, kue ini juga memerlukan waktu lama untuk membuatnya. Mulai dari mengocok bahan hingga memanggang setidaknya butuh 3 jam. Belum lagi proses menata lapisan kue yang bisa memakan waktu 30 menit hingga 1 jam. Jadi wajar saja kalau kue cantik ini dibanderol dengan harga yang mahal.



Simak Video "Melihat Tren dan Perkembangan Dunia Pastry di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)