Sajian Spesial Imlek

Legit Berlapis-lapis, Kue Lapis Legit Jadi Simbol Kemakmuran yang Berlapis

Devi Setya - detikFood Jumat, 01 Feb 2019 17:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Sajian Spesial Imlek
Jakarta - Tak hanya Lebaran, kue lapis legit juga menjadi sajian Imlek. Kue asal Indonesia ini menjadi lambang kemakmuran yang berlapis dan terus menerus.

Setiap makanan yang tersaji saat Tahun Baru Imlek bukan hanya mengutamakan rasa enak tapi juga memiliki filosofi yang mendalam. Salah satunya kue lapis legit.
Legit Berlapis-lapis, Kue Lapis Legit Jadi Simbol Kemakmuran yang BerlapisFoto: Istimewa

Baca juga : Ini Cake Klasik Ikonik yang Selalu Jadi Favorit Suguhan Hari Raya

Bentuknya yang berlapis membuat kue ini dianggap sebagai simbol kemakmuran yang diharapkan terjadi secara berlapis. Dengan menyantap lapis legit saat tahun baru sama saja berdoa dan berharap agar mendapat banyak keuntungan.

Selain bentuknya yang berlapis, kue ini juga punya rasa yang mewah. Manis legit kue ini diproses dengan cara yang tak mudah dan bahannya juga mahal.

Prosesnya yang bertahap membuat lapisan kue dianggap sebagai langkah demi langkah perjalanan hidup. Meskipun sulit dan membutuhkan waktu lama, tapi kue yang dihasilkan rasanya enak. Inilah perumpamaan hidup yang menggambarkan setiap ada usaha pasti ada hasilnya.
Legit Berlapis-lapis, Kue Lapis Legit Jadi Simbol Kemakmuran yang BerlapisFoto: Istimewa

Dahulu, membuat lapis legit bahkan lebih susah karena dibuat dengan mengocok adonan secara manual. Hal ini pula yang menjadikan kue lapis legit menjadi semakin istimewa. Apalagi bahannya memakai telur ayam kampung dan mentega berkualitas.

Baca juga : Berlapis Rempah dan Adonan Telur, Kue Lapis Legit Jadi Istimewa

Hampir semua masyarakat paham bagaimana sulitnya membuat kue ini jadi mereka tak merasa keberatan meskipun harus mengeluarkan uang lumayan besar. Kue lapis legit kualitas premium dibanderol mulai Rp 300 ribu hingga Rp 1,2 juta tergantung ukurannya.

Selain lapis legit, deretan kue manis juga tak pernah absen ketika Imlek. Mulai dari kue mangkok, kue keranjang hingga kue ku. Semua kue memiliki filsofi berbeda namun tetap mengacu pada keberuntungan dan kesuksesan. (dvs/odi)
FOKUS BERITA Sajian Spesial Imlek