Super Panjang! Ini Bakso Mas Jangkung yang Bentuknya Bikin Heran

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 13 Jun 2020 13:00 WIB
Bakso Super Panjang Mas Jangkung Foto: YouTube / Nex Carlos
Jakarta -

Bukan bulat melainkan panjang, bakso yang dijual di kawasan Koja ini viral di YouTube. Beberapa pelanggan pun menilai bentuknya ambigu.

Bakso merupakan makanan yang mudah ditemui dimanapun. Bakso yang terkenal biasanya berasal dari Solo atau Wonogiri, namun hampir di berbagai daerah di Indonesia menawarkan bakso.

Bakso pada dasarnya olahan bola-bola daging sapi. Disajikan dengan kuah kaldu bening, campurannya berupa mie kuning, bihun atau soun, tauge, sawi hijau, taburan bawang merah goreng, dan cincangan seledri.

Bakso Super Panjang Mas JangkungBakso Super Panjang Mas Jangkung Foto: YouTube / Nex Carlos


Agar makin nikmat, biasanya para penggemarnya mencampurkan aneka bumbu seperti kecap manis, saus sambal, dan sambal pedas. Kini bakso juga ditawarkan dengan ragam yang menarik, ada yang isiannya mercon (olahan daging cincang dan cabai rawit), ditambahkan daging iga sapi, dan dibentuk beraneka ragam.

Seperti halnya bakso yang viral di YouTube ini, punya bentuk memanjang tak bulat seperti bakso umumnya. Bakso Mas Jangkung ini berlokasi di Jalan Kincir, Rawabadak, Koja, Jakarta Utara. Menunya menarik perhatian karena berbentuk panjang hingga membuat pelanggan ambigu.

Baca Juga: Gorengan Hingga Kerang, 5 Makanan Unik Berbentuk Alat Kelamin Pria

Lewat YouTube channel Nex Carlos (9/6), bakso Mas Jangkung itu diketahui buka sekitar pukul 10.00 WIB. Belum buka pun sudah banyak pelanggan setia yang menunggu di warung kecil mas Jangkung tersebut.

Bakso Super Panjang Mas JangkungBakso Super Panjang Mas Jangkung Foto: YouTube / Nex Carlos

Bagaimana para pelangganya tidak ambigu, bakso Mas Jangkung ini punya tagline, 'Super panjang! Super Joss'. Ada juga beberapa pelanggan yang menyebutnya sebagai 'kelabang'.

YouTuber Nex Carlos pun sempat mencicipi bakso super panjang Mas Jangkung. Satu porsi bakso berisikan 1 bakso bentuk panjang dengan diameter cukup besar dan 2 buah bakso bulat. Bakso yang ditawarkan oleh mas Jangkung tersebut menggunakan urat.

Bakso Super Panjang Mas JangkungBakso Super Panjang Mas Jangkung Foto: YouTube / Nex Carlos


Menurut Nex Carlos, rasa baksonya cukup enak dan kenyal. Urat pada bakso juga terasa karena dicampur dengan adonan bakso tersebut. Untuk menikmati seporsi bakso super panjang tersebut dibanderol dengan harga Rp 18.000 saja.

Baca Juga: Bentuk Unik Bakso, Dari yang Kotak hingga Bentuk Barbel!



Simak Video "Uniknya Bakso 'Comberan' Berkuah Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)