Pakai Live Streaming, Nenek Ini Laris Manis Jual Bual Aprikot

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 12 Jun 2020 11:00 WIB
Nenek Jual Buah Aprikot Online Foto: CCTV/SCMP
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, banyak petani di China yang menjual hasil panen mereka di internet. Seperti nenek ini yang laris manis menjual buah aprikot lewat live streaming.

Live streaming atau siaran langsung kini jadi salah satu media yang paling digemari orang untuk berbelanja. Kelebihan live streaming ini memudahkan penjual memasarkan barang dagangan mereka lewat video yang ditonton banyak orang secara bersamaan.

Baca Juga: Jual Makanan Rp 200, Nenek Ini Bantu Orang yang Membutuhkan

Nenek Jual Buah Aprikot OnlineNenek Jual Buah Aprikot Online Foto: CCTV/SCMP

Hal ini lah yang dilakukan seorang nenek berusia 80 tahun bernama Cui Shuxia. Dilansir dari SCMP (11/06), Cui yang tinggal di wilayah pedalaman di Provinsi Shaanxi memutuskan untuk melakukan live streaming agar buah aprikot hasil panennya bisa terjual.

Semenjak penghasilannya turun karena pandemi COVID-19, Cui kini berhasil menjual buah aprikotnya dan terkenal dengan nama 'Grandma Apricot' atau Nenek Aprikot di kalangan netizen.

"Dulu saya melihat cucu saya duduk dan berbicara di depan ponsel untuk melakukan live streaming. Ketika seseorang bertanya tentang sejarah buah aprikot ia tidak bisa menjawabnya. Akhirnya saya suruh dia pergi dan saya melanjutkan live streaming itu," jelas Cui yang selalu ekspresif saat menawarkan buah aprikotnya.

Nenek Jual Buah Aprikot OnlineNenek Jual Buah Aprikot Online

Karena keahliannya menarik perhatian netizen dagangan aprikotnya langsung laris manis. Bahkan penjualan buah aprikotnya lima kali lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

"Setelah nenek saya mengambil alih live streaming, followersnya langsung bertambah banyak. Jika hal ini terus berlanjut maka penjualan buah kita akan bertambah bahkan lima kali lebih banyak dari tahun sebelumnya," jelas Wang Yalou selaku cucu Cui.

Banyak petani di wilayah pedesaan China yang kini memasarkan hasil panen mereka lewat live streaming di internet. Setidaknya lebih dari 13 juta petani kini menjual hasil panen mereka secara online.

Nenek Jual Buah Aprikot OnlineNenek Jual Buah Aprikot Online Foto: CCTV/SCMP

Banyak juga situs E-Commerce seperti Pinduoduo yang berinvestasi kepada petani pedesaan yang mengadakan live streaming.

"Kehidupan dan transportasi sudah berkembang. Sekarang orang desa seperti kita menggunakan promosi online untuk mendapatkan pesanan. Jika tempatnya dekat dari sini, pesanan buah aprikot ini bisa sampai keesokan harinya," pungkas Cui.

Selain Cui ada juga penjual ikan bernama Max Kee di Singapura yang kerap melakukan live streaming untuk menjual ikan segar dan seafood lainnya. Sama seperti Cui, penjualan ikan Max meningkat drastis setelah dia melakukan live streaming.

Baca Juga: Penjual Ini Jual Ikan Segar Lewat Live Streaming di Facebook



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)