Penjual Ini Jual Ikan Segar Lewat Live Streaming di Facebook

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 03 Sep 2019 15:40 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak cara untuk memasarkan dagangan. Seperti pemilik toko ikan ini, yang menggunakan fitur siaran langsung di Facebook untuk menjual ikan-ikan segar miliknya.

Di pasar ikan 'Jurong Fishery Port' yang ada di Singapura, toko Lian Huat lah yang paling menarik perhatian. Bukan karena tokonya yang unik, melainkan cara penjualannya yang menggunakan internet dan fitur siaran langsung di media sosial.

Baca Juga: Model Cantik Jual Ikan di Pasar Ternyata Doyan Egg Waffle-Seafood
Penjual Ini Jual Ikan Segar Lewat Live Streaming di FacebookFoto: Istimewa
Dilansir dari Our Grandfather Story (02/19), Max Kee merupakan salah satu pemilik toko ikan dan seafood segar Lian Huat. Alih-alih menawarkan hasil tangkapan lautnya ke pengunjung yang datang ke sana, Max lebih memilih untuk menggunakan ponselnya dan menjual ikan dan aneka seafood lainnya secara online.

Sehari-harinya Max akan menghabiskan waktu di dalam pasar ikan yang ada di Jurong, dan menjual berbagai jenis ikan segar lewat ponselnya. Dalam siaran live streaming itu, Max dengan antusias menjelaskan kepada penontonnya, mengapa mereka harus membeli ikan tersebut. Max dengan rinci menjelaskan jenis ikan atau hasil tangkapan lautnya, kesegaran ikan, hingga harga yang ditawarkan.

"Saya sudah menjual ikan lewat Facebook live streaming ini selama tujuh bulan. Ketika saya pertama memulainya, saya sering kesulitan berbicara di depan kamera, dan sedikit gugup," jelas Max.
Penjual Ini Jual Ikan Segar Lewat Live Streaming di FacebookFoto: Istimewa

Setiap harinya Max akan memulai sesi live streamingnya pada jam 10 malam hingga jam 1 dini hari.

"Terkadang beberapa pelanggan dan pembeli saya akan tertidur saat menonton live streaming saya. Terkadang juga beberapa pelanggan komplain bahwa harga ikan saya terlalu mahal, tapi biasanya saya akan menjelaskan bahwa kualitas ikan saya ini terbaik dan masih segar," lanjut Max yang biasanya menjual aneka ikan dari air laut.

Seperti ikan bawal putih, kakap merah, ikan kuro, kerapu, ikan kerapu liar, king prawn, cumi, dan lainnya.
Penjual Ini Jual Ikan Segar Lewat Live Streaming di FacebookFoto: Istimewa

"Di Malaysia, saudara saya sering melakukan pelelangan ikan dan hasilnya bagus. Jadi saya berpikir untuk membantu bisnis milik ibu saya ini. Menjalani usaha seperti ini tentu saja sulit, untungnya tidak banyak. Itulah mengapa saya berpikir untuk mulai melakukan live streaming di sini, jadi dari pasar ikan, semua ikan dan seafood pesanan pelanggan akan dikirim langsung ke rumah mereka," tutur Max.

Bagi Max, dengan hadirnya fitur live streaming ini memudahkannya untuk meningkatkan bisnisnya. Sekaligus menambah pelanggan dengan cara yang praktis namun efektif.

Baca Juga: Pria Ini Tempuh Jarak 100 Km Jual Ikan Asin Demi Istrinya



Simak Video "Tips Memilih Ikan Segar untuk Bakar-bakaran di Malam Tahun Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)