Jual Makanan Rp 200, Nenek Ini Bantu Orang yang Membutuhkan

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 12 Mei 2020 17:30 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Seorang nenek asal Tamil Nadu di India mendapatkan banyak pujian. Setelah ia menjual makanannya dengan harga murah untuk membantu orang lain.

Pada bulan Agustus tahun lalu, seorang nenek di Tamil Nadu viral di sosial media karena kebaikannya. Setiap harinya nenek berusia 85 tahun ini selalu menjual makanan murah seharga Re 1 (Rp 196 perak) ke orang-orang yang membutuhkan.

Baca Juga: Sering Unggah Video Makan, Nenek Berusia 98 Tahun Ini Jadi Seleb Online

-- Foto: Istimewa

Dilansir dari The Quint (12/05), nenek bernama Kamalathal ini mulai jualan makanan khas India berupa idli dan chutney sejak 30 tahun yang lalu. Dulu ia menjual idli dengan harga 50 paise atau sekitar Rp 100 perak. Baru beberapa tahun belakang ini ia menaikkan sedikit harga makanannya.

Namun di tengah virus Corona dan pemerintah India yang menerapkan sistem lockdown, banyak buruh migran hingga orang-orang lainnya yang kekurangan dan tak mampu mbeli makanan.

Akhirnya Kamalathal memutuskan untuk tetap berjualan demi membantu orang-orang ini. Meski ia mengalami kerugian karena harga bahan makanan yang terus meroket tajam, tapi dia tetap menjual semua makanannya dengan harga yang sama.

-- Foto: Istimewa

"Situasi ini memang sedikit sulit apalagi sejak pandemi virus Corona. Tapi saya berusaha untuk menyediakan idli dengan harga murah bagi orang-orang miskin. Saya tidak akan menaikkan harga makanan meski semua bahan-bahannya naik," jelas Kamalathal.

Karena kebaikannya ini, Kamalathal dikenal dengan nama 'Idli Amma' atau nenek idli. Banyak para dermawan yang menyumbangkan sejumlah uang atau bahan makanan agar Kamalathal tetap bisa membantu orang-orang yang membutuhkan.

-- Foto: Istimewa

Idli sendiri merupakan kue yang terkenal di seluruh India dan biasanya jadi menu sarapan yang populer. Makanan ini terbuat dari beras kemudian dimasak dengan cara dikukus. Biasanya idli disantap dengan chutney yaitu saus rempah yang terbuat dari sayuran atau buah yang dihaluskan.

Kisaran harga satu porsi idli dengan chutney pada umumnya berkisar sekitar Rs 60 (Rp 11,773). Sehingga aksi kebaikan Kamalathal ini mendapatkan pujian dari banyak orang.

Baca Juga: Mulia! Nenek Ini Berikan Makanan Gratis untuk Orang Miskin Setiap Hari



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)