Ludah Monyet dan Taco Jadi Varian Kopi yang Nyleneh

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 11 Jun 2020 06:00 WIB
- Foto: CoffeeAM/Ist

2. Ludah Monyet

-- Foto: Monkey Split Coffee



Terdengar ekstrem dan cukup aneh, kopi yang satu ini ternyata sangat populer di Taiwan. Namanya Monkey Split Coffee atau dikenal juga sebagai kopi ludah monyet. Jika kopi luwak menggunakan hewan luwak, maka kopi ini menggunakan monyet jenis Farmosan Macaques.

Monyet yang satu ini paling gemar memakan ceri kopi dan mengunyahnya hingga rasa manisnya hilang. Biji kopi tetap mereka keluarkan karena monyet tidak bisa mencerna biki kopi. Meski awalnya meresahkan petani kopi tapi ternyata rasa kopi jadi lebih enak.

Para petani percaya bahwa kandungan ludah yang menempel dari biji kopi memberikan enzim yang menguatkan rasa kopi. Aroma vanilla dari biji kopi juga menonjol. Sama seperti luwak kisaran harga kopi ludah monyet ini cukup mahal sekitar $27 (Rp 380,902) per ons.

3. Kopi Muntahan Cerpelai

-- Foto: Instagram Sili_2019



Cerpelai atau weasel merupakan hewan mamalia dari familia Muestelidae yang memiliki ukuran kecil. Dengan tampilan yang imut cerpelai merupakan predator berleher panjang yang cukup populer di Vietnam.

Selain kopi telur yang populer di Vietnam ada varian kopi baru bernama Puke Coffee. Sesuai namanya kopi ini merupakan hasil muntahan cerpelai. Para cerpelai biasanya memakan ceri kopi hingga habis kemudian sisa biji kopinya dimuntahkan dari mulut.

Setelah dimuntahkan oleh cerpelai para petani kopi kemudian mulai mengumpulkan biji-biji kopi ini dan menjualnya ke pasar. Jenis biji kopi yang digunakan biasanya arabika.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]