Tak Habis Diminum, Sisa Seduhan Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 5 Hal Ini

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Jun 2020 18:30 WIB
Manfaat sisa seduhan kopi Manfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

4. Dekorasi Rumah

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Untuk memanfaatkan kopi sebagai dekorasi rumah yang kamu butuhkan adalah bijinya, bukan kopi yang diseduh. Menurut Coffee Direct, biji kopi tua sangat indah jika dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah.

"Kumpulkan variasi biji kopi yang terang dan gelap ke dalam vas-vas kaca yang bening, periksa dulu apakah biji kopi itu memiliki aroma yang baik ketika dikombinasikan," tutur Coffee Direct.

Setelah memasukkan ke dalam vas kaca, lalu atur dengan cantik bunga-bunga ke dalam vas. Biji kopi pada vas akan membuat batang bunga menjadi tegak. Jika kamu tidak punya cukup banyak biji kopi, kamu bisa menambahkan dengan batu-batuan lainnya, manik-manik atau kelopak bunga kering.

5. Pengusir Hama Alami

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Aroma pada kopi ternyata ampuh sebagai pengusir hama alami. Hal tersebut juga disampaikan oleh Coffee Direct. Hama seperti nyamuk, semut, siput, kecoak dan jenis hama pengganggu lainnya.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bubuk kopi dalam mangkuk. Taruh mangkuk berisikan kopi di sudut-sudut rumah. Coffee Direct merekomendasikan untuk menggunakan kopi yang baru ditumbuk.

Itu karena aroma kopinya akan bertahap lebih lama. Coffee Direct juga menyebut, "Kamu juga dapat memasukkan bubuk kopi ini ke dalam sampo hewan peliharaan untuk mencegah adanya kutu,".

Baca Juga : Macam-Macam Kopi yang Harus Kamu Tahu, Agar Tak Salah Pesan!

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Nggak Cuma Diminum, Kopi Juga Bisa Jadi Parfum Lho!"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)