Tak Habis Diminum, Sisa Seduhan Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 5 Hal Ini

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Jun 2020 18:30 WIB
Manfaat sisa seduhan kopi Manfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang yang membuang sia-sia sisa seduhan kopi begitu saja. Padahal sisa seduhan kopi itu dapat bermanfaat untuk keperluan sehari-hari.

Minum kopi di pagi hari jadi kebiasaan banyak orang. Seringkali kopi yang diseduh dalam jumlah banyak dalam teko pemanas tak habis diminum. Sisa air kopi yang dipanaskan terlalu lama atau sudah dingin tak enak lagi diminum. Beberapa orang menyebut sebagai kopi basi.

Daripada dibuang, sisa air kopi ini bisa bermanfaat untuk tanaman hingga perawatan rambut. Sebagai bahan alami yang kaya manfaat. Seperti yang diungkap oleh para pakar di Coffee Direct yang dilansir dari Metro (05/06)

1. Perawatan Rambut

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Untuk membuat rambut berkilau kamu bisa menggunakan sisa seduhan kopi. Coffee Direct mengatakan bahwa kafein yang terkandung di dalam kopi sangat bagus untuk rambut, seperti dapat menumbuhkan rambut, membuat rambut berkilau hingga menyehatkan kulit kepala.

Caranya sangat mudah. Setelah keramas, baru tuangkan sisa seduhan kopi tersebut ke kepala. Kemudian gunakan topi mandi dan diamkan selama setengah jam.

Lalu, bilas dengan menggunakan air hangat. Direct Coffee menganjurkan untuk mendapat hasil yang maksimal, bisa dilakukan seminggu sekali. Dengan itu, rambut kamu akan lebih tebal dan halus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]