Toko Durian Ini Beri Pekerjaan Bagi Orang yang Terkena Dampak COVID-19

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 09 Jun 2020 15:30 WIB
Toko Durian di Singapura Foto: Dok. Tan Kok Siong/Samuel Chen
Jakarta -

Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya karena pandemi Corona. Karenanya toko durian ini buka lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang membutuhkan.

Samuel Chen merupakan pemilik toko Home of Durian yang ada di wilayah Bedok, Singapura. Samue yang dulunya bekerja sebagai direktur di perusahaan minuman internasional memutuskan untuk berhenti dan membuka toko durian.

Baca Juga: Rekor Durian Termahal di Dunia, Satu Buah Harganya Rp 681 Juta

Toko Durian di SingapuraToko Durian di Singapura Foto: Image/Ist

Dilansir dari Mothership (09/06), pria berusia 38 tahun ini mengaku bahwa banyak bisnis seperti restoran dan pusat hiburan lainnya yang terkena dampak COVID-19. Termasuk toko duriannya yang juga mengalami penurunan penjualan namun untungnya ia masih bisa bertahan.

Ia juga melihat banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan mereka hingga mata pencaharian sejak pandemi berlangsung. Akhirnya Chen dan beberapa mitra bisnisnya memutuskan untuk membuka House of Durian akhir Mei lalu.

Berbeda dengan toko durian lainnya di House of Durian, Chen membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang yang membutuhkannya.

Toko Durian di SingapuraToko Durian di Singapura Foto: Dok. Tan Kok Siong/Samuel Chen

Sejauh ini Chen sudah memperkerjakan 10 orang yang kehilangan pekerjaan mereka karena COVID-19 untuk mengantarkan durian pesanan konsumen.

Setiap tip dari konsumen sekitar SGD 5 - SGD 7 (Rp 50.429 - Rp 70.601) semuanya untuk pegawai, Chen tidak mengambil komisi apapun.

"Ini merupakan pekerjaan jangka pendek mungkin sekitar tiga bulan," jelas Chen. Menurutnya setelah perkantoran dan bisnis kembali buka, akan ada banyak lapangan pekerjaan untuk orang-orang ini.

Karena tujuan utama House of Durian adalah memberikan lapangan pekerjaan bagi mereka yang terkena imbas COVID-19.

"Tujuan utama kami bukan keuntungan. Meski kami tidak bisa menolong semua orang, tapi kami bertekad untuk menolong sebanyak yang kami bisa," lanjutnya.

festival durianfestival durian Foto: dok. detikFood / Dadang Hermansyah

Selain membuka lapangan pekerjaan, Chen juga sudah membagikan lebih dari 5000 paket makanan untuk petugas medis dan orang-orang yang membutuhkan.

Ia juga berencana membuka donasi dana lewat penjualan durian di mana 50% hasil keuntungannya akan disumbangkan untuk komunitas TOUCH, yang mengurus orang-orang membutuhkan sampai lansia.

Untuk durian yang dijual ada jenis Mao Shan Wang dari Pahan dengan harga SGD 48 (Rp 484,286) per 500 gram. Untuk sementara ini House of Durian hanya menyediakan jasa layanan pesan antar saja.

Selain House of Durian ada juga kedai durian Yu Liu Ji yang ada di Singapura. Kedai ini memberikan durian gratis sebagai ucapan terima kasih untuk paramedis yang bertugas.

Baca Juga: Keren! Kedai Durian Ini Bagikan Durian Gratis untuk Paramedis Virus Corona



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)