Rekor Durian Termahal di Dunia, Satu Buah Harganya Rp 681 Juta

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 10 Jun 2019 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Siapa sangka, buah durian ini terjual dengan harga termahal. Satu buah durian asal Thailand dijual dengan harga Rp 681 juta.

Raja buah bernama durian ini memang selalu jadi buruan orang Asia. Sebutan Raja sesuai dengan rasa dan aromanya. Tak hanya Malaysia, Thailand dan Singapura, Indonesia juga jadi salah satu penggemar buah durian terbanyak.
Rekor Durian Termahal di Dunia, Satu Buah Harganya Rp 681 JutaFoto: BBC Magazine

Dalam sebuah lelang di Festival King of Durian 2019 pada Sabtu (1/6), terdapat sebuah durian yang terjual dengan harga yang sangat mengejutkan. Durian itu dibeli di angka 1,5 juta Baht atau sekitar Rp 681 juta.

Baca Juga: Kelezatan Durian Pontianak Bikin Lidah Bergoyang Ketagihan

Harga tersebut resmi memecahkan rekor sebelumnya yang dijual senilai 800 ribu Baht atau sekitar Rp 365 juta.

Seperti yang telah dilansir dari laman Asia One, durian itu merupakan jenis Kanyao. Durian ini disebut sebagai jenis durian termahal di dunia, karena ukuran, bentuk, dan tingkat kematangannya yang sempurna.

Durian ini juga dianggap sebagai durian terbaik di dunia karena rasa manis dan teksturnya yang lembut. Petani yang menanam durian tersebut, Han Chai Thai, juga tak menyangka bahwa duriannya akan terjual di angka yang fantastis.

Rekor Durian Termahal di Dunia, Satu Buah Harganya Rp 681 JutaFoto: Istimewa

"Saya tahu ini adalah durian yang sangat istimewa. Tapi sangat terkejut dengan harga yang ditawarkan," kata yang mengelola pertanian, Jumat (7/6).

"Saya berharap penawar tinggi buah ini bisa menikmatinya. Sebab, dunia ini adalah jenis yang paling baik di dunia dan akan terus kami kembangkan," lanjutnya.

Durian Kanyao ini, termasuk jenis durian paling mahal dan paling dicari di dunia, yang biasa dijual kepada pengusaha lokal yang kaya.

Rekor Durian Termahal di Dunia, Satu Buah Harganya Rp 681 JutaFoto: Istimewa

Secara total dari lelang tersebut, 9 durian itu menghasilkan sekitar 4,5 juta Baht atau sekitar Rp 2 miliar.

Hasil penjualan buah durian tersebut, akan diserahkan kembali kepada para petani. Namun, akan ada sebagian hasil penjualan yang disumbangkan ke badan amal setempat untuk memberi peralatan medis di rumah sakit.

Baca Juga: Begini Rasa dan Tekstur Durian J-Queen Rp 14 Juta yang Viral (lus/lus)